Sukses

Seniman Moscow Sulap Gerbong Subway Jadi Galeri Seni

Siapa sangka, gerbong subway bisa jadi galeri seni, tempat tujuan wisata untuk melihat beragam karya avant garda.

Liputan6.com, Jakarta Siapa sangka gerbong subway bisa jadi tempat tujuan untuk melihat sebuah galeri seni. Dalam beberapa tahun terakhir, Moscow Metro yang merupakan salah satu transportasi tercepat di Rusia ini memang rutin memberikan sentuhan-sentuhan dengan topik bertema sastra, film, atau seni di gerbong subway mereka.

Untuk tahun ini, topik yang diusung adalah "Intensive XX" atau kesenian Rusia di abad ke-20. Tujuan dibuatnya galeri seni di gerbong subway ini adalah untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya sejarah budaya.

 

A post shared by Виктория (@victoriachizhik) on

Hingga Juni nanti, pengguna subway yang melintasi Jalur Koltasevay dapat melihat beragam karya seni dari Tretyakov State Gallery. Pengadaan galeri seni dalam gerbong subway ini pun bekerja sama dengan Departemen Transportasi dan Pembangunan Infrastruktur Rusia sehingga mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah.

 

A post shared by Виктория (@victoriachizhik) on

Pada "Intensive XX" ini, kurator Faina Balakhovkaya mengumpulkan 78 lukisan karya seniman Rusia seperti Mikhail Larionov, Natalia Goncharova, Kazimir Malevich, Vladimir Tatlin, dan Alexander Rodchenko. Bahkan, karya-karya dari seniman modern seperti Yuri Zlotnikov, Viacheslav Koleichuk, dan Eric Bulatov pun turut dipamerkan di galeri ini.

"Kami menyeleksi karya seni yang punya nilai sejarah tinggi, menarik, dan spektakuler serta memikirkan orang-orang yang tak punya pengetahuan sama sekali tentang seni abad ke-20," ungkap Balakhovkaya seperti diberitakan Smithsonianmag.com, Senin (8/5/2017).

"Seni nasional abad ke-20 cukup beragam dan kontradiktif, sebab di masa itu masuk aliran sosial realisme yang cukup mengganggu perkembangan aliran avant garde," tambahnya.

Selain untuk mengedukasi, ada alasan lain mengapa subway dipilih sebagai sarana untuk memamerkan berbagai karya seni ini. Kira-kira ada 2,4 juta orang yang menggunakan transportasi subway di Rusia. Kebanyakan dari mereka mengeluhkan perjalanan yang panjang dan membosankan. Adanya galeri seni ini tentu bisa membuat perjalanan mereka terasa lebih menyenangkan.

Tak hanya itu, galeri seni di gerbong subway ini pun diharapkan bisa mengundang pengunjung ke pameran yang biasanya diadakan di museum. 

Anda mungkin tertarik untuk melihat galeri seni di gerbong subway saat libur nanti. Kalau begitu, persiapkan jadwal perjalanan sekarang juga dengan pesan tiket pesawat dan booking hotel secara online di Reservasi.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini