Sukses

5 Trik Jitu Menangkal Stres yang Bisa Anda Coba Akhir Pekan Ini

Mumpung akhir pekan, usir stres dengan lima trik jitu ini. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Banyaknya hal yang harus diselesaikan mulai dari pekerjaan kantor hingga urusan di rumah tentu bisa membuat Anda merasa stres. Kalau sudah ada tanda-tanda Anda merasa tertekan, sebaiknya segera lakukan hal-hal menyenangkan yang dapat menenangkan hati.

Sebab, jika stres dibiarkan justru akan memberikan banyak efek negatif terutama untuk tubuh. Dirangkum dari lifebuzz, Jumat (5/5/2017) berikut ini trik yang bisa Anda terapkan untuk menangkal stres. 

1. Traveling ke Tempat Wisata Alam 

Banyak penelitian yang menunjukkan kalau traveling ke tempat wisata alam dapat membantu mengatasi stres dan meningkatkan sistem imun. Di akhir pekan kali ini, Anda bisa memilih tempat-tempat wisata alam yang ada di Lembang Bandung atau Bogor sebagai destinasi liburan. Selain karena pilihan lokasinya lebih banyak, udara di sana terbilang cukup sejuk sehingga bisa memulihkan kepenatan yang dirasakan.

2. Relaksasi dengan Lilin Aromaterapi

Kalau tak sempat untuk bepergian, Anda bisa coba untuk relaksasi dengan lilin aroma terapi. Aroma khas yang keluar dari lilin ini bisa membuat Anda merasa rileks kembali. Anda bisa menikmati sensasi bersantai dengan menggunakan lilin aroma terapi sembari berendam di air hangat atau berbaring di kasur yang empuk dan nyaman. Jangan lupa untuk memutar lagu-lagu yang menenangkan.

3. Mewarnai

 

A post shared by helenscolouring (@helenscolouring) on

Anda tentu sudah tak asing lagi dengan adult coloring book atau buku mewarnai khusus orang dewasa. Selain ampuh untuk mengusir kebosanan, buku mewarnai ini juga bisa Anda gunakan sebagai penangkal stres. Ya, ternyata mewarnai memang benar-benar punya efek yang bagus untuk kesehatan mental Anda. Mulai dari perasaan yang lebih tenang, pikiran yang fokus, hingga hilangnya rasa cemas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Yoga

Beberapa gerakan dasar yoga ternyata bisa membantu Anda untuk mengatasi stres. Contohnya adalah child pose, bridge pose, atau legs up the wall pose. Lakukan pose ini selama beberapa menit dan Anda akan merasakan sendiri hasilnya. Walau cukup sederhana, nyatanya gerakan tersebut berhasil membuat tubuh menjadi lebih rileks dan membuat pikiran jadi lebih tenang karena meregangkan otot-otot yang tegang serta membuat aliran darah semakin lancar.

5. Hangout Bersama Teman

Stres bisa diredam saat Anda menghabiskan waktu bersama sahabat. Di akhir pekan ini, Anda mungkin ingin memanfaatkan waktu dengan mereka sambil ngobrol, jalan-jalan, makan bersama, menonton film, atau bahkan menginap. Sebuah riset menunjukkan, berada di sekeliling orang yang menyayangi Anda dapat membuat perasaan kembali baik. Tak merasa kesepian dan berinteraksi dengan sekitar dapat meminimalisir stres yang Anda rasakan.

Atasi stres Anda dengan jalan-jalan ke tempat wisata menarik di Indonesia. Beli tiket pesawat dan booking hotel di Reservasi.com, dapatkan diskon bombastis hingga Rp 1 juta setiap harinya di sini!

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.