Sukses

10 Alasan Kenapa Anda Perlu Jelajahi Indonesia Sebelum Mati

Punya 17.000 pulau dengan kebudayaan yang beragam, banyak wisatawan mancanegara memimpikan bisa liburan dan menikmati pesona Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Rumput tetangga selalu lebih indah dari rumput di halaman rumah sendiri, ungkapan ini sangat tepat untuk menggambarkan perilaku orang Indonesia yang justru lebih gemar traveling ke luar negeri ketimbang menjelajahi keindahan negerinya sendiri. Padahal jika mau membandingkan, destinasi dan atraksi wisata Indonesia tidak kalah menarik dengan apa yang ada di luar negeri.

Mulai sekarang persiapkan diri, ransel, dan dompet Anda, karena ada 10 alasan mengapa Anda perlu traveling menjelajahi Indonesia minimal sekali seumur hidup, seperti yang disusun tim travel Liputan6.com, Kamis (27/4/2017).

Keragaman Budaya
Menurut data Badan Pusat Statistik tahun 2010, Indonesia memiliki sekitar 300 kelompok etnik dengan 1.340 suku bangsa. Keberagaman budaya ini menjadikan Indonesia kaya dan punya beragam atraksi wisata menarik yang bisa disaksikan sepanjang tahun, mulai dari tradisi seputar budaya agraris dan maritim, hingga tradisi menyambut hari-hari besar keagamaan yang beranekaragam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Keindahan Alam

Memiliki lebih dari 17.000 pulau tropis menawan dengan panjang garis pantai mencapai 99.000 kilometer, nampaknya susah bagi negara lain untuk bisa serupa dengan Indonesia dalam hal keindahan alam. Dengan catatan tersebut, tak diragukan lagi, Indonesia menjadi “surga” dan tempat bagi banyak orang yang ingin menyaksikan indahnya alam. Mulai dari pantai, lembah, gunung, hingga air terjun dan sungai yang indah, Indonesia memilikinya.

3 dari 10 halaman

Keragaman Flora dan Fauna

Dari dua juta spesies flora yang ada di dunia, ternyata 60 persennya berada di Indonesia. Tak hanya itu, Indonesia juga menjadi tempat bernaung bagi lebih dari 350.000 jenis fauna. Kekayaan keberagaman ini menjadi daya tarik wisata Indonesia di mata wisatawan mancanegara. Tak heran jika 50 taman nasional yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia kerap dikunjungi turis asing dari berbagai negara.

4 dari 10 halaman

Kekayaan Kuliner

Dengan keberagaman budayanya, kuliner Indonesia menampilkan keunikan dan spesialisasi yang hampir tidak bisa ditemukan di negara lain. Apalagi Indonesia merupakan pemilik rempah-rempah terbaik dan menjadi negara yang masih mempertahankan beragam resep tradisionalnya. Kuliner lokal menyatukan citarasa Indonesia, namun kuliner asing, mulai dari Chinese Food, Arabian Food, hingga kuliner Eropa dan Amerika justru memperkaya khazanah kuliner di Indonesia.

5 dari 10 halaman

Hutan Hujan Tropis

Dengan luas hutan tropis mencapai 109 juta hektar (2003), Indonesia didapuk menjadi negara nomor tiga pemiliki hutan hujan tropis terluas di dunia, setelah Brasil dan Kongo. Memiliki hutan yang sangat luas membuat Indonesia menjadi tempat bagi ratusan ribu spesies flora dan fauna. Hal ini tentu menjadi daya pikat bagi Indonesia yang tidak dimiliki negara-negara kebanyakan di dunia.

6 dari 10 halaman

Bahasa yang Beragam

Indonesia memiliki lebih dari 700 bahasa daerah. Dengan kekayaan budaya tersebut, Indonesia punya beragam cerita rakyat (folklor) yang dilestarikan dari mulut ke mulut. Maka tak heran jika di Pulau Jawa saja Anda bisa menemukan banyak jenis wayang yang berbeda-beda.

7 dari 10 halaman

Agama yang Beragam

Di negara mana lagi Anda bisa menemukan patung Yesus tertinggi di dunia sekaligus menyaksikan masjid terbesar di Asia Tenggara? Indonesia yang sejak lama dikenal memiliki keberagaman agama dan kepercayaan, selalu menarik perhatian banyak orang untuk berkunjung. Ritual agama dan tradisi yang beragam kerap menjadi daya tarik bagi Indonesia yang tidak dimiliki negara manapun.

8 dari 10 halaman

Kuliner Kaki Lima Terlezat

Meski jajanan kaki lima masih dipandang sebelah mata, nyatanya banyak negara di dunia punya tradisi wisata kuliner di kaki lima. Indonesia sendiri yang dikenal sebagai negara dengan sejuta kuliner lezat, juga tak mampu menolak hadirnya kaki lima di jalan-jalan, baik di kota maupun di desa. Kuliner kaki lima Indonesia bahkan diklaim sebagai salah satu yang terlezat di dunia. Jadi, mengapa tidak wisata kuliner di negeri sendiri?

9 dari 10 halaman

Heritage Sites

Siapa yang sangka, Indonesia ternyata memilliki lebih dari 66.000 bangunan cagar budaya yang tersebar di berbagai daerahnya. Tak hanya itu, bangunan cagar budaya tersebut juga dilingkupi beragam cerita menarik yang berkaitan dengan sejarah panjang keberadaan Nusantara. Culture, menjadi salah satu daya pikat wisata Indonesia selain keindahan alam dan wisata hand made.

10 dari 10 halaman

Sarang Seniman dan Perajin

Indonesia tak pernah kehabisan stok perajin dan seniman handal. Melalui berbagai media ekspresi, para seniman dari Aceh hingga Papua selalu menciptakan beragam kerajinan dan karya seni yang mengagumkan. Mulai dari patung, ukiran, hingga alat musik tradisional, kerap dijadikan buah tangan bagi wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini