Sukses

Atasi Permasalahan Wajah Kering dengan Trik Makeup Berikut Ini

Untuk Anda yang memiliki kulit wajah super kering, lakukan beberapa tips makeup berikut ini agar wajah tampak prima.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda memiliki permasalahan kulit kering? Pasti beberapa dari Anda pernah merasakan kesulitan saat mengaplikasikan makeup. Kulit kering kerap bertekstur tak merata dan bersisik.

Hal ini disebabkan oleh produk makeup tidak dapat melekat atau terserap pada permukaan kulit wajah dengan sempurna.

Jangan khawatir, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan saat mengaplikasikan makeup pada area kulit kering seperti dikutip dari situs india.com.

Kulit Mati

Salah satu alasan mengapa riasan makeup Anda tidak terlihat maksimal adalah adanya tumpukan sisa sel kulit mati pada wajah. Atasi dengan perawatan scrub secara rutin agar wajah terbebas dari sisa kulit mati. Pastikan juga Anda selalu mengaplikasikan pelembap setiap malam dan pagi hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kebersihan Wajah

Sebelum Anda mulai mengaplikasikan makeup, pastikan permukaan kulit wajah dalam keadaan bersih. Hal ini wajib dilakukan agar kulit wajah tidak berakhir dengan pori-pori yang tersumbat. 

Perhatikan Kulit Bibir

Penumpukan kulit kering kerap terjadi pada area bibir, hal ini membuat riasan bibir terlihat tidak merata dan tidak rapi.

Anda dapat membuat scrub buatan sendiri dari gula dan madu, untuk membersihkan kulit mati dan sekaligus melembapkan bibir. Jangan lupa oleskan pelembap sebelum mengaplikasikan lipstik.

Pelembap Khusus

Karena kulit kering menghasilkan minyak yang sangat sedikit, Anda harus menggunakan pelembap yang mengandung asam hyaluronic. Hal ini akan membantu kulit Anda lembap lebih lama. Aplikasikan secara merata ke seluruh wajah, termasuk leher.

Oleskan Primer Wajah

Aplikasikan primer sebelum Anda mulai mengaplikasikan makeup, untuk melapisi tekstur wajah yang kasar menjadi lebih halus.

Foundation Cair atau Krim

Foundation cair atau krim akan membantu Anda menyeimbangkan kadar kelembapan pada kulit, sehingga tidak mengelupas. Jika Anda tidak menginginkan tampilan riasan terlihat berat, Anda juga bisa menggunakan BB krim. Lanjutkan dengan concealer krim atau cair.

3 dari 3 halaman

Eyeshadow Krim

Meski eyeshadow bubuk lebih mudah dibaurkan, eyeshadow krim akan lebih lama menempel pada kelopak dengan tekstur kulit kering. Lengkapi dengan eyeliner cair agar riasan mata kian maksimal.

Highlighter cair

Highlighter cair akan memberikan efek wajah lebih segar. Oleskan pada area tulang pipi dan tepuk dengan ujung jari Anda agar bentuk wajah terlihat lebih tirus.

Pilihlah formula lipstik yang tepat

Hindari lipstik matte yang dapat membuat bibir kian kering. Aplikasikan lip gloss atau lip balm agar tekstur bibir tidak pecah-pecah.

Bedak

Jika kulit Anda rawan mengelupas, jangan gunakan bedak. Cukup aplikasikan sedikit bedak saja di area zona T (dahi, hidung, dan dagu).

Tera Tri Yusepi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini