Sukses

Menyantap Makanan dengan Perlahan Akan Membakar Banyak Kalori

Benarkah menyantap makanan dengan perlahan akan membantu tubuh membakar lebih banyak kalori?

Liputan6.com, Jakarta Sering mendengar saran untuk menyantap makanan dengan perlahan? Benarkah jika mengunyah makanan hingga lumat mampu membantu membakar lemak dan kalori lebih banyak?

Dilansir dari Health.com, Senin (24/04/2017), sebuah sekolah kedokteran yang didirikan di India sekitar 7000 tahun yang lalu mengungkapkan bahwa mengunyah makanan dengan perlahan dianggap penting bagi kesehatan pencernaan dan membantu untuk memisahkan makanan yang dicerna menjadi nutrisi bagi tubuh.

Secara psikologisnya, mengunyah secara perlahan akan memberikan efek untuk lebih cepat merasa kenyang dibandingkan dengan makan terlalu cepat. Beberapa penelitian terdahulu juga menemukan fakta bahwa mengunyah dengan maksimal dapat membakar lebih banyak lemak dan kalori pada proses pencernaan serta meningkatkan aliran darah ke perut.

Orang-orang yang memiliki masalah obesitas cenderung mengunyah makanan mereka terlalu cepat dari yang orang-orang kurus lakukan. Sebuah studi di American Journal of Clinical Nutrition, membenarkan bahwa meningkatkan aktivitas mengunyah bisa menjadi alat untuk memerangi obesitas dan menurunkan angka kolesterol dan lemak jahat pada tubuh.

*(Latifah Gusri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini