Sukses

6 Tips Menidurkan Bayi yang Benar-Benar Bisa Diandalkan

Bingung bagaimana membiasakan bayi Anda untuk tidur secara mandiri? Simak di sini beberapa tips yang bisa membantu Anda.

Liputan6.com, Jakarta Membuat seorang bayi tidur secara mandiri memang bukan tugas yang mudah. Sebagai orang tua, jika bayi Anda telah mampu tidur secara mandiri, tentu, hal tersebut akan meningkatkan rasa percaya diri.

Dilansir dari mydomaine.com, Minggu (23/4/2017), berikut ini adalah beberapa tips menidurkan bayi yang bisa Anda andalkan untuk membuat bayi tidur secara mandiri di waktu selanjutnya. Penasaran apa saja?

1. Perhatikan waktu
Bayi di bawah enam bulan akan sulit terjaga dalam jangka waktu lama, walaupun tubuhnya tidak merasa lelah. Namun, ada alasan ilmiah untuk hal ini, yaitu ketika seorang bayi merasa lelah, tubuhnya justru akan menghasilkan hormon stres seperti kortisol dan adrenalin, yang membuat mereka sulit untuk terjaga.

2. Ciptakan waktu tidur
Seorang bayi membutuhkan konsistensi. Saat bayi Anda berusia tiga bulan, mulailah menggunakan rutinitas lima sampai sepuluh menit sebelum tidur siang dan tidur malam dengan membaca buku atau mendengarkan lagu. Cara ini akan membuat bayi Anda mengerti waktu tidur.

3. Atur pencahayaan ruangan
Di usia yang cukup, kegelapan akan memicu produksi melatonin yang bisa membuat seorang bayi mengantuk. Sekitar usia empat bulan, bayi akan lebih waspada dan sadar dengan lingkungan sekitar. Memastikan ruangan gelap akan membuat bayi tidur lebih mudah dan lebih baik.

4. Usahakan tidur siang di rumah
Setelah usia empat bulan, penting untuk mengusahakan bayi tidur di rumah. Ingatlah bahwa tidur siang memiliki fungsi yang sama pentingnya dengan tidur di malam hari.

Tidur di perjalanan tidak akan nyenyak, karena bersifat restoratif. Anda mungkin bisa mengatasinya, namun tidak dengan seorang bayi.

5. Jangan ragu untuk tidur lebih awal
Dari banyak pengalaman, orang tua justru membuat anaknya tidur terlambat. Sebaliknya, sebagai orang tua, Anda justru harus membuat akan tidur sebelum mereka merasa lelah.

6. Jangan biarkan bayi berjuang sendiri
Tidak masalah untuk memberikan bayi Anda latihan tidur di usia berapapun. Bahkan jika bayi Anda belum bisa tidur sendiri di tempat mereka, biarkan mereka menghabiskan beberapa saat yang sama setiap hari untuk membiasakan diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.