Sukses

Pemandangan Seru dari Puncak Q1 Gold Coast, Tower 322 Meter

Dari puncak Tower Q1 setinggi 78 lantai atau setara 322 meter terhampar pemandangan menawan Gold Coast.

Liputan6.com, Brisbane - Banyak orang terobsesi dengan ketinggian. Dalam sejarah peradaban, orang mendirikan bangunan yang tinggi. Semakin tinggi kian dikagumi. Obsesi pada ketinggian ini masih bertahan hingga dewasa ini. 

Negara-negara di dunia membangun gedung-gedung tinggi dengan bangga. Tak cukup dengan gedung pencakar langit di kota-kota besarnya, bangunan yang sangat tinggi juga terus berdiri.

Sementara ini bangunan tertinggi di dunia adalah Burj el Khalifa, Dubai, Uni Emirat Arab, setinggi 829,8 meter. 
Nah, pada Minggu 2 April 2017 lalu, Liputan6.com sempat naik di salah satu bangunan tertinggi di Australia, yakni di Tower Q1 di Gold Coast, Australia.

Gold Coast kerap disebut sebagai Bali-nya Australia. Kota yang berjarak sekitar 90 kilometer dari Brisbane, ibu kota negara bagian Queensland ini memang menawarkan pengalaman wisata yang menarik.

Gold Coast menawarkan beragam atraksi wisata, mulai dari taman rekreasi, pantai, belanja, dan menara tinggi. Mengunjungi Gold Coast adalah salah satu rangkaian agenda perjalanan reportase penerbangan perdana Malindo Air rute Denpasar-Brisbane.

Menara Q1 menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi jika main ke Gold Coast. Menara ini juga sudah biasa dikunjungi turis dari berbagai negara. Di pintu lift masuk tertulis ucapan selamat datang dalam berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Pemandangan di puncak Gold Coast Tower, salah satu menara tertinggi di dunia (Liputan6.com / Harun Mahbub)

Menara Gold Coast setinggi 322 meter, 78 lantai. Perjalanan dengan lift berkapasitas 15 orang itu menghadirkan suasana "ngeri-ngeri sedap". Bagian atapnya dari kaca, sehingga pengunjung bisa menyaksikan momen saat terlontar ke atas atau saat turun.

Sekitar 1 menit di lift sampailah di lantai 77, di ruang pengamatan berdinding kaca. Di puncak itu orang bisa minum-minum, menyaksikan tayangan video tentang Gold Coast, membaca informasi terkait, dan yang paling penting adalah menyaksikan lansekap Gold Coast dari ketinggian.

Dari puncak itu terlihat bentangan pantai yang memanjang, atap gedung-gedung pencakar langit, dan langit yang biru berhias awan keperakan.

Baris pantai itu yang dulu menjadi titik awal berkembangnya peradaban di Gold Coast, seiring sejarah Australia yang berawal dari koloni orang-orang Eropa.

Terpampang di salah satu dinding ruangan puncak menara, ribuan tahun silam Gold Coast adalah pantai pasir putih, pegunungan, dan hutan lebat.

Pemandangan di puncak Gold Coast Tower, salah satu menara tertinggi di dunia (Liputan6.com / Harun Mahbub)

Pada 1788 merupakan era Europian Settlement, kapal dari Eropa merapat di Sydney dan membangun koloni. Bertahun-tahun kemudian mereka ke Gold Coast. Survey serius ke daerah ini baru pada 1865.

Tahun 1865 itu menjadi pintu masuk era Seaside Resort. Orang-orang yang tinggal di Brisbane menggunakan perahu ke Gold Coast untuk piknik. Resort pertama dibangun pada 1885.

Selanjutnya sejak 1889 ini waktunya Traveling to The Coast. Orang-orang naik kuda ke sana, menyeberangi sungai dengan kapal ferry, dan jalan-jalan sepanjang pantai. Resort dan hotel-hotel terus dibangun. Di era ini juga terbangun jalur kereta ke Gold Coast.

Akses transportasi itu makin menambah kunjungan ke Gold Coast. Pada 1920 dan 1930 Goald Coast memasuki era Motor Cars dan a Coast Road. Makin banyak orang ke sana dengan jalan darat yang sudah terhubung.

Pemandangan di puncak Gold Coast Tower, salah satu menara tertinggi di dunia (Liputan6.com / Harun Mahbub)

Tahun 1940 masuklah era 'Gold' Coast. Ribuan tentara Australia dan Amerika Serikat piknik ke sini untuk meredakan ketegangan Perang Dunia. Pada 1949, terbentuklah otoritas Gold Coast dengan wilayah sepanjang pantai dan daerah sekitarnya.

Pembangunan makin kencang sejak 1950. Gold Coast membangun apartemen-apartemen dan pusat perbelanjaan. Selain kanal-kanal, di era Canal dan High Rise ini, terbangun bangunan tinggi pertama di Surfers Paradise.

Sejak itu turis terus berdatangan. Tahun 1970 dan 1980 eranya Tourist Boom. Gold Coast resmi menjadi salah satu destinasi wisata di Australia. bandara pun dibangun pada 1981.

Bertahun-tahun kemudian, pada 2005 Gold Coast ditetapkan sebagai ikon heritage Queensland. Sejak era National Icon itu, Gold Coast kian melaju.

Gold Coast menjadi daerah yang paling ceoat berkembang di Australia. Segenap fasilitas wisata tersedia di sini. Saat ini Gold Coas masuk era Paradise.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.