Sukses

Ini Dia 6 Jawara Desain Toilet Umum Pilihan Kemenpar

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan hadiah kepada 6 pemenang Sayembara Desain Toilet Umum untuk destinasi wisata.

Liputan6.com, Jakarta Fasilitas yang baik sebuah destinasi wisata akan memberikan kenyamanan pada wisatawan, salah satunya toilet umum. Untuk itu Kementrian Pariwisata dan lembaga terkait menggelar Sayembara Desain Toilet Umum di Destinasi Pariwisata. Sayembara ini telah menghasil enam orang pemenang. Menpar Arief Yahya bersama Menhub Budi Karya Sumadi serta Sekjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bambang Hendroyono memberikan hadiah kepada para pemenang.

Hadiah pemenang Sayembara Desain Toilet Umum di Destinasi Pariwisata diberikan pada Kamis (23/3/2017) di Swiss Bell Hotel Jakarta. Penyelenggaraan sayembara tersebut dimaksudkan untuk memberi tantangan baru bagi para desainer dalam membuat desain toilet yang efisien, nyaman, higienis, dan ramah lingkungan serta sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya toilet umum bagi kehidupan dan kesehatan yang lebih baik, serta mendukung terciptanya iklim pariwisata yang kondusif.

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan hadiah kepada enam pemenang Sayembara Desain Toilet Umum di Destinasi Pariwisata.

Sayembara ini mendapat sambutan antusias masyarakat. Sebanyak 231 desain kreatif masuk ke tim juri, kemudian diseleksi menjadi 60 desain dan akhirnya terpilih masing-masing satu pemenang untuk 6 kategori yaitu Toilet Umum Destinasi Wisata Kawasan Pegunungan, Toilet Umum Destinasi Wisata Kawasan Pantai, Toilet Apung pada Homestay atau Penginapan, Toilet Umum di Kawasan Konservasi Alam, Toilet Umum di Pasar Rakyat atau Tradisional, dan Toilet Umum UPT Bandara.

Menpar Arief Yahya mengapresiasi penyelenggaraan Sayembara Desain Toilet Umum Sayembara di Destinasi Pariwisata karena dapat meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia yang mentargetkan berada di ranking 30 dunia serta mendatangkan 20 juta wisman dan 275 juta pergerakan wisatawan nusantar di Tanah Air pada 2019 mendatang.

“Daya saing pariwisata Indonesia saat ini berada di ranking 50, dari semula ranking 70. Salah satu kelemahan yang harus terus diperbaiki adalah masalah kesehatan dan higienitas. Menurut data World Economic Forum (WEF, 2015) untuk unsur kesehatan dan higienitas kita masih berada di posisi 109, ini menjadi perhatian kita bersama,” kata Menpar Arief Yahya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan hadiah kepada enam pemenang Sayembara Desain Toilet Umum di Destinasi Pariwisata.

Menpar Arief Yahya mengatakan, meningkatnya kunjungan wisatawan selain memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan juga memberikan ancaman serius bagi kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, melalui sayembara seperti ini diharapkan akan mendorong keterlibatan para pemangku kepentingan di lingkungan pariwisata dan masyarakat luas untuk menyediakan toilet umum yang bersih, higienis, ramah lingkungan, ramah bagi semua.

“Dengan demikian pariwisata Indonesia akan menjadi pariwisata bagi semua (tourism for all), daya saing kepariwisataan Indonesia meningkat, dan tujuan pembangunan berkelanjutan tercapai,” kata Arief Yahya.

Setelah melewati proses penjurian oleh tim juri, akhirnya menetapkan masing-masing satu orang pemenang untuk 6 kategori pada Sayembara Desain Toilet Umum di Destinasi Wisata. Para pemenang mendapat total hadiah uang sebesar Rp 300 juta dengan Rp 50 juta untuk masing-masing ketegori diberikan langsung oleh Menpar Arief Yahya.

Berikut daftar 6 pemenang desain toilet umum pilihan Kementerian Pariwisata:

1. Pemenang kategori destinasi kawasan pegunungan
Berjudul: Toilet Wisata Danau Toba
Pemenang dengan noreg ST 0249 bernama Sianne Juliana, pekerjaan arsitek asal Bandung

2.Pemenang kategori destinasi kawasan pantai
Berjudul: A Touch of Nature
Pemenang dengan noreg ST 0092 bernama Eka Pradhistya Prasidhanta asal Denpasar, Bali

3. Pemenang kategori toilet apung
Berjudul: Toilet Apung di Kampung Mola, Wakatobi
Pemenang dengan noreg ST 0015 bernama Felix Ciosconara asal Surabaya

4. Pemenang kategori kawasan konservasi alam
Berjudul: Bale Leran
Pemenang dengan noreg ST 0131 bernama Eduard Cahya Nugroho asal Semarang

5. Pemenang kategori pasar tradisional
Berjudul: Toilet Beringharjo
Pemenang dengan noreg ST 0343 bernama Deraya Sandika Ratri, mahasiswa UKDW asal Yogyakarta

6. Pemenang kategori bandara UPBU
Berjudul: Toilet Umum Bandara UPBU
Pemenang dengan noreg ST 0331 bernama Hastito Rahmadhika, arsitek asal Depok

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini