Sukses

Hati-Hati, Makanan Ini Bisa Buat Anda Terlihat Lebih Tua

Jika Anda ingin mencegah terjadinya penuaan dini, berikut adalah beberapa makanan yang harus Anda hindari.

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin pernah mendengar atau bahkan mencoba sebuah tes untuk mengetahui usia jiwa. Salah satunya adalah Sara Gottfried yang di tahun 2012 berusia 44 tahun, mendapati jiwanya berusia 64 tahun.

Dilansir dari mydomaine.com, Kamis (23/3/2017), Sara melakukan serangkaian tes darah dan mengetahui bahwa di dalam tubuh terdapat kromosom yang bisa merefleksikan usia Anda, 20 tahun lebih cepat dari yang angka sebenarnya. Lantas, apa faktor lain yang bisa menyebabkan penuaan terjadi secara cepat?

Sara menyakini bahwa penyakit mengambil bagian 10%, sisanya 90% disebabkan oleh gaya hidup dan faktor lingkungan, dan ini berarti Anda masih memiliki kesempatan yang besar untuk mencegah penuaan. Salah satu gaya hidup yang paling penting dan tidak bisa dihindari adalah makan. Apa yang biasa Anda makan sehari-hari?

Berikut ini adalah beberapa makanan yang secara tidak sadar selalu Anda konsumsi, sekaligus mempercepat terjadinya penuaan. Apa saja?

1. Gula
Gula merupakan salah satu makanan yang harus Anda hindari. Beberapa ahli bahkan menyarankan Anda untuk menghilangkan segala bentuk gula dan menggantinya dengan bahan lain.

Gula dapat memicu otak yang juga merugikan memori dan regulasi emosional Anda.

2. Makanan inflamatori
Selain gula, ada gluten dan susu yang merupakan penyebab terjadinya penuaan secara umum. Ketika salah satu bagian tubuh mengalami peradangan, maka ada sistem yang bertugas sebagai tanggap darurat.

Inilah mengapa ketika tubuh berfungsi dengan normal, peradangan akan berhenti setelah 72 jam. Namun jika hal ini tidak terjadi, ada yang beres dalam tubuh Anda.

Gantikan makanan yang mengandung gluten dan susu dengan kunyit, sayuran segar, dan sayuran hijau.

3. Daging olahan
Ya, seperti hot dog atau daging yang biasa Anda beli mengandung jenis lemak jenuh yang dapat meningkatkan estrogen. Dan sadarkah Anda bahwa beberapa penyakit mengerikan seperti diabetes, sindrom metabolik, kanker payudara, ovarium, dan kanker endometrium disebabkan oleh kondisi dominan estrogen dalam tubuh.

Cobalah mengganti menu daging olahan dengan daging organik, di mana hewan diberi makan rumput atau jika Anda bisa, beralihlah menjadi seorang vegetarian untuk mencegah terjadinya penuaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.