Sukses

Berbagai Manfaat Madu untuk Kecantikan

Madu memang dikenal efektif untuk mengatasi berbagai macam masalah yang ada pada kulit, dan inilah beberapa caranya.

Liputan6.com, Jakarta Madu merupakan salah satu bahan serbaguna yang baik untuk kesehatan dan juga kecantikan. Bahan alami ini juga banyak digunakan dalam industri kecantikan, karena memiliki banyak antioksidan yang dapat membuat kulit bercahaya dan rambut terlihat lebih cantik.

Jadi, jika Anda mencari produk kecantikan yang dapat menguntungkan kulit dan rambut Anda, pastikan menggunakan madu. Dilansir dari Boldsky, Jumat (7/4/2017) ada beberapa manfaat madu untuk kecantikan yang dapat Anda aplikasikan di rumah. 

1. Membersihkan Pori-Pori
Jika Anda sering sulit menangani pori-pori tersumbat, madu dapat membantu Anda mengatasinya. Madu adalah pembersih pori-pori alami yang dapat menghilangkan kotoran dan debu yang tersumbat. Karena sifat antibakteri yang ada didalam madu juga dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan jauh dari infeksi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Memudarkan Bekas Luka

Madu juga dapat membantu memudarkan bekas luka. Senyawa aktif yang terdapat di dalam madu dapat membantu memberikan regenerasi jaringan pada kulit. Madu adalah pelembap yang sangat baik untuk menjaga kulit tetap sehat. Campur sedikit minyak zaitun dengan madu dan terapkan campuran pada bekas luka, lalu cuci dengan air dingin.

3. Untuk Berendam
Madu sangat baik ketika ditambahkan dalam air rendaman untuk mandi. Tak hanya memberikan hidrasi pada kulit, tetapi antioksidan yang ada di dalam madu juga sangat bermanfaat untuk menghilangkan kulit gatal-gatal dan terkelupas. Tambahkan 6-9 sendok madu pada air rendaman mandi. 

4. Melembapkan Kutikula Kuku yang Kering
Banyaknya nutrisi dan enzim yang terdapat di dalam madu, dapat membantu untuk melembapkan kutikula dan juga membuatnya tetap terhidrasi dalam jangka waktu yang panjang. Campurkan madu dengan minyak kelapa dan terapkan pada kuku Anda. Pijat dengan lembut beberapa menit sebelum mencucinya dengan air.  

3 dari 3 halaman

5. Sebagai Kondisioner Rambut Alami

Kandungan enzim penting dalam madu dapat membantu untuk membuat rambut terlihat mengilap dan berkilau. Ambil beberapa minyak kelapa dan tambahkan sedikit madu. Campurkan bahan dan terapkan pada seluruh bagian kulit kepala. Campuran ini juga dapat membuat rambut Anda tumbuh panjang dan sehat.

6. Mengatasi Kulit Terbakar Sinar UV
Menggunakan madu untuk atasi kulit yang terbakar sinar UV adalah pilihan yang tepat. Madu merupakan bahan alami yang dapat bekerja sebagai pelindung kulit dari sinar UV yang berbahaya. Ambil beberapa sendok madu dan oleskan pada daerah yang terbakar sinar matahari. Pijat dengan lembut selama beberapa saat dan cuci dengan air dingin. 

Ine Yulita Sari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini