Sukses

Resep Sambal Tempe Kemangi ala Enno Lerian

Berikut cara membuat sambal tempe kemangi kreasi Enno Lerian yang biasa disajikannya untuk keluarga di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Seorang ibu tentu mengetahui makanan favorit suami dan anak-anak seperti yang dilakukan Enno Lerian. Selebritas tanah air ini mempersembahkan semua waktunya saat ini untuk keluarga. Salah satu cara untuk membahagiakan orang tersayang adalah dengan memasak.

Enno Lerian membagikan menu makanan favorit keluarganya yaitu sambal tempe kemangi. Suami dan anak-anaknya sangat suka menu ini. Cara membuatnya juga sederhana dan tidak membutuhkan waktu lama. Anda dapat memasak sambil bersantai di rumah.

"Gak bisa jauh jauh dari yang namanya tempe. Dirumah sambel tempe selalu jadi menu favorit keluarga, bikinnya gampang banget, ditambah kemangi biar lebih wangi rasanya. Ini aku buat porsi makan 2 orang aja makanya sedikit. Selamat mencoba," tulisnya pada situs berbagi pengalaman memasak Cookpad Indonesia, Selasa (22/3/2017).

Berikut cara membuat sambal tempe kemangi kreasi Enno Lerian yang biasa disajikannya untuk keluarga di rumah.

Bahan-bahan

1/2 papan tempe5 lembar daun kemangi4 siung bawang merah4 siung bawang putih5 buah cabe keriting2 buah cabe rawit merah1 ruas kecil kencur2 buah kemiri1 sdt garam (sesuai selera)1/2 sdt gula pasirSedikit penyedap rasa

Enno Lerian saat ini memberikan seluruh waktunya pada keluarga, salah satunya dengan memasak di rumah.

Cara pembuatan

1. Goreng tempe yang sudah direndam air garam. Kematangan sesuai dengan selera. Enno, lebih suka menggoreng hingga kering mendekati gosong. Sehingga teksturnya menjadi lebih garing.

2. Goreng cabe, bawang merah, bawang putih, kemiri dan juga kencur secara bersamaan sampai setengah matang.

3. Ulek bumbu yang sudah digoreng kemudian tambah garam, gula dan penyedap. Kemudian jangan lupa ulek bersama daun kemangi.

4. Ulek tempe dengan tekstur yang tidak terlalu hancur. Kemudian, dapat langsung dicampurkan di atas sambal yang sudah diulek sebelumnya. Sambal tempe kemangi ala Enno Lerian siap disantap bersama nasi panas. Selamat menikmati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini