Sukses

5 Hal yang Harus Anda Hindari Setelah Makan

Mungkin Anda terbiasa melakukan 5 hal ini setelah makan. Namun, untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat, sebaiknya segera dihindari.

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan orang hidup dalam rutinitas serba cepat sehari-hari. Seperti aktivitas yang biasa dilakukan setiap pagi sebelum berangkat kerja. Biasanya orang cenderung melakukan kegiatan sarapan dan mandi setelahnya karena takut terlambat ke kantor. Atau minum secangkir teh hangat setelah makan dengan terburu-buru karena mengejar waktu.

Mungkin Anda tak menyadari jika hal-hal tersebut justru berbahaya untuk kesehatan tubuh dan seharusnya tidak dilakukan. Melansir dari laman Bright Side, Kamis (23/3/2017) ada beberapa hal yang justru harus Anda hindari setelah makan. Penasaran?

1. Mandi

Ketika mandi, suhu tubuh dapat meningkat. Peredaran darah sedikit lebih naik dibanding biasanya. Hal ini dapat mengganggu proses pencernaan dan metabolisme tubuh. Maka, waktu terbaik untuk mandi adalah menunggu 30 menit setelah makan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Minum Teh

Ilustrasi Teh Hijau (iStock)

Bagi sebagian orang, secangkir teh hangat yang diminum setelah makan merupakan kebiasaan setiap hari. Tapi, sebuah studi menunjukkan bahwa hal ini berbahaya dan mengganggu asimilasi besi dan mineral yang berperan penting pada tubuh. Oleh karena itu, anak-anak, wanita hamil dan orang yang mengalami kekurangan zat besi sebaiknya menghindari minum teh setelah makan. Atau menunggu satu jam setelah makan.

3 dari 5 halaman

3. Tidur

Foto: iStock

Mitos tentang makan sebelum tidur dapat menyebabkan kelebihan berat badan memang sudah lama terdengar. Namun, faktanya tidur setelah makan justru akan menyebabkan ketidaknyamanan, seperti tidak bisa tidur karena rasa mulas dan bersendawa. Selain itu, sering tidur setelah makan siang atau malam juga dapat meningkatkan risiko penyakit stroke. Para ahli mengatakan bahwa lebih baik tidur tidak kurang dari 2 jam setelah makan.

4 dari 5 halaman

4. Olahraga

Simak beberapa kesalahan yang masih Anda lakukan saat melakukan olahraga lari di sini.

Tak peduli seberapa nikmatnya menu makanan di atas meja makan, sebaiknya tak dimakan sebelum Anda berolahraga. Karena beban perut yang penuh dapat menyebabkan ketidaknyamanan, seperti cegukan dan mulai. Bahkan yang lebih serius bisa terjadi risiko trauma dan kejang-kejang. Maka, mulailah berolahraga minimal 2 jam setelah makan.

5 dari 5 halaman

5. Merokok

Ilustrasi Rokok Elektrik atau Vape (iStockphoto)

Bagi Anda yang perokok, mungkin tak enak jika tak merokok setelah makan. Padahal justru hal ini sangat berbahaya bagi tubuh. Zat nikotin yang terdapat dalam rokok akan diserap dua kali lipat oleh tubuh, sehingga dapat memberikan efek berbahaya. Selain itu, tembakau juga dapat memblokir penyerapan vitamin dan mineral, termasuk kalsium, vitamin C dan D. Tentu saja hal yang harus dilakukan adalah berhenti merokok. Namun, bila ternyata sulit, setidaknya menunggu 20 menit setelah makan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini