Sukses

4 Ide Aktifitas Menarik untuk Anak di Rumah

Orang tua, yuk intip dan simak ide aktifitas menarik untuk anak di rumah berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Anak-anak memiliki begitu banyak energi yang tersimpan pada diri mereka. Permainan di luar ruangan adalah cara terbaik untuk menyalurkan energi mereka dengan cara yang positif. Tetapi ketika udara terlalu panas atau dingin, anak-anak mungkin perlu untuk duduk di rumah. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa cara menyenangkan untuk menjaga anak-anak Anda tetap terhibur meskipun hanya berada di dalam rumah saja seperti dilansir dari laman magforwomen.com, Sabtu (4/02/2012):

1. Mintalah mereka untuk membuat sebuah cerita
Mungkin anak-anak Anda bosan membaca cerita yang sama berulang-ulang. Jadi, bagaimana jika Anda meminta mereka untuk menulis satu kali ini? Berikan anak-anak Anda beberapa baris awal untuk acuan mereka memulai sebuah cerita, atau menjelaskan kepada mereka plot sederhana dan meminta mereka untuk membuat sebuah cerita. Jika Anda punya waktu, Anda bisa duduk dengan mereka dan membantu mereka mengembangkan cerita.

2. Mengajak mereka untuk memasak bersama
Mungkin ide yang baik untuk mencoba resep baru dengan mereka. Anda dapat meminta anak-anak Anda untuk melakukan beberapa kegiatan yang aman seperti menguleni tepung atau mengocok telur. Anda harus siap untuk menangani dan membersihkan beberapa kekacauan dan berantakan yang mungkin akan terjadi, tetapi Anda dan anak-anak Anda akan menikmati hal ini! Anda juga dapat mendorong anak-anak Anda untuk menciptakan resep sederhana baru seperti es campur atau milkshake. Tapi, Anda harus mengawasi mereka dan tidak meninggalkan mereka di dapur sendiri.

3. Libatkan mereka dalam membuat kerajinan tangan
Ada beberapa tutorial online yang tersedia yang akan mengajarkan anak-anak Anda tentang cara untuk melakukan kerajinan tangan. Anda bisa meminta mereka untuk membuatkan Anda vas bunga yang bagus atau sepotong dekorasi gantungan untuk dinding. Anda bisa memberikan ide-ide dan mendorong anak-anak Anda. Tidak peduli seberapa konyol barang hasil dari kerajinan mereka, Anda akan bangga ketika mereka memberikannya kepada Anda.

4. Membuat video
Pada usia ini, anak-anak Anda belajar hal-hal baru dengan cepat. Jadi, apakah mereka telah belajar sebuah puisi baru atau langkah tari sederhana? cobalah untuk merekamnsa. Untuk membuatnya lebih menarik, praktekkan apa yang Anda ingin rekam terlebih dahulu dan pastikan bahwa anak-anak Anda melakukan yang terbaik. Mereka mungkin suka menonton diri mereka sendiri kelak di masa depan.

 


(Odilia Hana Santoso)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini