Sukses

5 Trik Masak Mudah agar Makanan Lebih Enak dan Sehat

Mau masak makanan lebih enak dan sehat? Beberapa trik memasak ini akan membantu Anda.

Liputan6.com, Jakarta Keahlian memasak memang perlu dipahami oleh semua orang karena tidak selamanya membeli makanan di luar dapat menjaga kesehatan Anda. Tentunya keahlian ini akan lebih terasah bila Anda menerapkan beberapa tips yang bisa membuat makanan lebih enak dan sehat. Seperti yang dirilis dari self.com, Kamis (16/2/2017).

Tambah ragi bernutrisi dalam masakan apa saja
Jangan ragu untuk menambahkan nutrisi melalui ragi, seperti keju parmesan, ke dalam setiap makanan Anda. Selain menambah aroma jadi lebih nikmat, Anda tidak perlu menambahkan banyak penyedap lagi dalam makanan. Parmesan juga menambah protein dan vitamin B12 dalam makanan Anda, sehingga menjaga kondisi tubuh tetap sehat.

Selalu ungkep daging sebelum memasak
Jika Anda sering masak langsung berbagai daging, maka zat gizi yang terkandung di dalamnya akan rusak. Untuk itu, selalu ungkep daging ayam, ikan, atau daging sapi sebelum dimasak untuk menghindari berbagai zat yang merusak nutrisi.

Bahan ungkep yang dianjurkan adalah rempah dan cabai untuk mengurangi lemak jahat dan karsinogen saat memasak daging dalam suhu tinggi.

Gunakan kacang dalam makanan Anda
Dengan menambahkan kacang dalam berbagai makanan Anda seperti sayur, salad, hingga hamburger, maka kandungan serat dalam makanan tersebut akan bertambah. Selai kacang juga ampuh menggantikan minyak yang digunakan dalam saus, dressing, hingga roti panggang untuk tingkatkan serat dan lemak baik.

Jangan ragu bereksperimen dengan rempah
Rempah dikenal sebagai bahan makanan yang mengandung banyak nutrisi sehat. Menggunakan rempah dapat meningkatkan rasa makanan Anda dan mendapatkan manfaat zat yang baik untuk tubuh. Sediakan berbagai jenis rempah di dapur untuk hidup yang lebih sehat.

Tambahkan air, jangan minyak
Bila makanan Anda sering lengket di penggorengan, ada cara mudah dan cepat untuk menghindarinya. Caranya adalah menambahkan air ke masakan tersebut, daripada harus menambah minyak goreng. Air akan menjaga makanan agar tetap lembab dan mencegah makanan lengket ke penggorengan saat masak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.