Sukses

Wanita, Ini 5 Cara Persiapkan Kehamilan

Kenali dan ketahui 5 cara berikut ini untuk mulai mempersiapkan kehamilan Anda!

Liputan6.com, Jakarta Anda sedang dalam perencanaan untuk memiliki buah hati? Kenali dan ketahui 5 cara berikut ini untuk mulai mempersiapkan kehamilan, seperti dikutip dari laman magforwomen.com, Minggu (5/3/2017)

 

1. Konsultasikan kesehatan Anda
Sebelum Anda hamil, cara yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan bahwa Anda cukup sehat untuk hamil. Jika Anda memiliki keraguan mengenai ovulasi atau apa pun dalam kaitannya dengan kesehatan Anda, Anda bisa menkonsultasikannya dengan dokter Anda.

2. Konsumsi tablet asam folat
Mengonsumsi pil asam folat akan menurunkan kemungkinan beberapa cacat lahir pada bayi. Meminum 400 mcg asam folat setiap hari umumnya direkomendasikan oleh dokter untuk setidaknya satu bulan sebelum Anda hamil dan selama trimester pertama kehamilan Anda. Akan lebih baik untuk mendapatkan tablet asam folat sesuai dengan saran dokter Anda. Vitamin A juga penting untuk tubuh sebelum hamil. Jadi, jika Anda mengambil multivitamin, pastikan Anda memeriksa label konten sebelum memilihnya. Terlalu banyak jumlah vitamin A mungkin juga berbahaya bagi Anda.

3. Berhenti dari kebiasaan yang tidak sehat
Sekarang adalah saat yang tepat untuk menghentikan kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok, minum minuman keras dan obat-obatan. Hal ini dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, dan gangguan kehamilan lainnya. Konsumsi alkohol juga dapat menyebabkan sejumlah masalah, termasuk cacat lahir utama pada janin. Jika Anda merasa sulit untuk menghentikan kebiasaan yang tidak sehat, berbicaralah dengan dokter Anda untuk mendapatkan beberapa bantuan.

4. Ikuti diet yang sehat
Ingat, ketika Anda hamil, bayi Anda juga mengambil nutrisi dari tubuh Anda. Jadi, cukupi persediaan tubuh Anda dengan nutrisi yang Anda butuhkan untuk kehamilan yang sehat. Dari buah-buahan organik, sayuran segar, makanan yang mengandung gandum, dan makanan yang mengandung kalsium seperti susu dan yogurt, bersama dengan kacang-kacangan dan daging, Anda harus makan semua makanan bergizi bahkan sebelum Anda hamil.

5. Gerakkan tubuh Anda
Anda harus memiliki tubuh yang sehat sebelum masa kehamilan. Jadi, cara terbaik untuk itu adalah dengan tetap berolahraga agar badan tetap bugar. Lakukan sekitar 30 menit atau lebih olahraga ringan, seperti berjalan atau bersepeda atau berenang dapat membantu Anda menjaga kebugaran tubuh Anda setiap harinya. Terlepas dari alasan kebugaran, olahraga juga dapat membantu untuk menghilangkan stres saat masa kehamilan.(Odilia Hana Santoso)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini