Sukses

Sulit Tidur Nyenyak? Lakukan 4 Tips Unik Berikut Ini

Ingin merasakan tidur nyenyak tanpa gangguan? Intip 4 tips unik berikut ini

Liputan6.com, Jakarta Setelah lelah beraktivitas seharian, tubuh membutuhkan istirahat yang berkualitas untuk memulihkan kondisi fisik dan psikis melalui tidur. Namun, gaya hidup, stres dan Kesibukan sehari-hari terkadang membuat kualitas tidur terganggu. Hasilnya, keinginan tidur nyenyak menjadi sesuatu yang langka dan berharga.

Hasil studi menyarankan setiap manusia tidur sembilan jam setiap malam, namun bila tubuh hanya dapat tidur lima sampai enam jam secara teratur setiap malam tidak apa-apa, karena masih dapat membuat tubuh segar dan tetap prima. Asalkan Anda mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas.

Untuk itu, intip 4 cara ampuh agar Anda mendapatkan tidur yang berkualitas dan lebih nyenyak seperti yang dikutip dari Pulse, Rabu (25/1/2017):

 

1. Lavender

Lavender bekerja dengan baik untuk membuat tidur terasa lebih nyenyak. Tubuh akan terasa relaks dan dapat beristirahat dengan baik di malam hari setelah mencium aroma lavender tanpa efek samping. Nyalakan aroma terapi lavender di kamar sebelum tidur dan rasakan manfaatnya.

2. Yoga dan Meditasi

yoga dan meditasi mampu bembuat tubuh beristirahat dengan nyanyak. Jadikan yoga dan meditasi sebagai rutinitas untuk merelaksasi tubuh dan pikiran.

Saat hendak tidur di malam hari, tutup mata Anda selama sekitar 10 menit kosongkan pikiran dan atur pola pernapasan sampai tubuh melayang untuk tidur. Ini akan membantu Anda tertidur lebih cepat dan damai.

3. Kamar yang bersih

Sebuah kamar yang bersih, dan rapi akan membuat pikiran tenang dan membuat tidur lebih nyenyak. Menjaga kamar bersih dan lapang serta bebas dari barang-barang yang tidak perlu membuat rasa kantuk dan nyaman datang dengan cepat.

4. Aktif di siang hari

Cobalah untuk aktif berkegiatan di siang hari. Ada kemungkinan jika Anda bergerak lebih aktif di siang hari, tubuh akan lelah dengan sendirinya dan membuat tidur lebih nyenyak di malam hari.

Tera Tri Yusepi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.