5 Kuliner Yogyakarta Legendaris Selalu Bikin Ingin Kembali Lagi

Oleh Firstrianisa Gustiawati pada 04 Des 2016, 14:07 WIB

Liputan6.com, Jakarta Yogyakarta tak hanya dikenal sebagai objek wisata budayanya saja. Kota ini pun populer dengan berbagai sajian kulinernya yang khas. Beberapa kuliner Yogyakarta yang legendaris menjadi daya tarik untuk pengunjung datang kembali ke kota istimewa ini.

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (4/12/2016) berikut ini beberapa kuliner Yogyakarta yang legendaris dan wajib Anda coba saat berkunjung ke sana.

1 of 5

Sate Klatak Pak Pong

Jika biasanya sate ditusuk menggunakan bambu atau kayu, sate klatak justru menggunakan jeruji besi. Tak ada bumbu khusus dan rahasia yang membuat rasa sate ini menjadi lezat. Cukup merica, garam, dan kecap saja sudah bisa menghasilkan rasa yang sederhana namun nikmat di lidah.

Cita rasa semakin kuat karena sate ditusuk menggunakan jeruji besi dan membuat kematangan jadi sempurna. Sate legendaris ini berada di Jalan Imogiri Timur no.7, Wonokromo, Jogja. Untuk bisa menikmati seporsi sate klatak Anda cukup membayar Rp 12.000,-.

2 of 5

Gudeg Pawon

Kuliner jogja selalu dikenal dengan ciri khas rasa yang manis. Salah satu kuliner dengan cita rasa manis dan paling sering ditemukan adalah gudeg. Namun, salah satu gudeg yang cukup legendaris adalah Gudeg Pawon.

Tempat makan yang sudah ada sejak tahun 1958 ini tak hanya menyuguhkan menu gudeg andalan dengan kelezatan yang tak diragukan lagi. Para pengunjung pun bisa melihat langsung proses memasak nangka muda dari pawon atau dapur dengan menggunakan tungku sederhana.

Warung makan yang berada di Umbulharjo, Yogyakarta ini selalu kebanjiran pengunjung. Oleh karena itu, sebaiknya Anda datang sebelum jam buka agar tak perlu mengantri lama untuk menikmati gudeg lezat khas Gudeg Pawon.

3 of 5

House of Raminten

Sebenarnya berbagai menu yang ada di House of Raminten cukup sering ditemui di pedagang kaki lima Jogja. Bedanya, sensasi manikmati kuliner Yogyakarta di sini adalah tempatnya yang memiliki nuansa Jawa yang kental.

Bangunannya dipenuhi dengan ornamen-ornamen khas Yogyakarta dilengkapi dengan wangi dupa yang semerbak di seluruh ruangan. Selain itu, seluruh pelayan yang ada di restoran ini pun menggunakan pakaian tradisional Yogyakarta. Menu yang ada di tempat ini adalah tahu bola, wedang sereh, cunduk, brongkos, sate lilit dan nasi kucing. Menyantap menu tersebut ditemani alunan musik gamelan tentu menjadi hal yang menyenangkan.

4 of 5

Angkringan Lik Man

Selain gudeg, menikmati nasi kucing di angkringan adalah hal yang wajib dilakukan saat berkunjung ke Yogyakarta. Anda akan menemukan banyak pedagang angkringan di Jogja. Tapi, salah satu angkringan yang paling legendaris di sana adalah Angkringan Lik Man yang ada di kawasan Stasiun Tugu, Yogyakarta.

Berminat untuk mampir dan menikmati kuliner Yogyakarta yang legendaris? Jangan lupa untuk selalu cek Reservasi.com untuk dapatkan info harga hotel dan tiket pesawat ke sini.

Lanjutkan Membaca ↓