Sukses

5 Topping Favorit Bikin Salad Jadi Tak Sehat

Salad yang terbuat dari campuran berbagai sayuran ini memang sehat. Tapi menambahkan 5 hal ini dapat mengubahnya menjadi tidak sehat.

Liputan6.com, Jakarta Semua orang tahu, salad yang terbuat dari campuran berbagai sayuran ini memang masuk kategori sehat. Selain rendah kalori, makanan ini juga mengandung banyak nutrisi baik dalam tubuh dan sering digunakan dalam program diet.

Tapi, Salad bisa berubah menjadi makanan yang tidak sehat karena 5 hal ini. Seperti yang dirilis dari thelist.com, Selasa (29/11/2016).

Menggunakan daging di dalamnya

Daging Merah. Sumber : Mid-Day.
Daging dalam salad? tentu saja memancing indra perasa Anda untuk segera menikmatinya. Tapi perlu diingat, menambahkan daging dalam salad meningkatkan nilai kalorinya sebanyak 35 kalori dan menambah 125 miligram sodium di dalamnya. Selain meningkatkan lemak tubuh, konsumsi daging yang berlebihan dapat menyebabkan kanker.

Menambahkan roti didalamnya

 

Pilih roti yang 100 persen terbuat dari gandum. Sebab, roti gandum yang dicampur dengan tepung halus dapat meningkatkan kadar gula darah. (Istimewa)
Bukannya makan roti sehat ya? Benar, sehat. Namun bila dicampurkan dalam salad, roti akan meningkatkan karbohidrat dalam makanan dan mampu meningkatkan gula darah dengan cepat karena mengandung 60 kalori. Lebih baik makan roti yang banyak seratnya untuk menjaga kesehatan dan jangan tambahkan dalam salad.

Memakai dressing yang begitu kental

Ilustrasi Dressing
Siapa sangka, dressing yang digunakan dalam salad juga menyumbangkan kadar lemak yang banyak. Mulai dari krim keju hingga mayonaise salad yang dapat menambahkan 200 kalori lagi dalam salad sehat Anda. Mengganti dengan olive oil secukupnya dapat menjaga salad tetap sehat.

Menambahkan keju dan berbagai turunannya

Ilustrasi Keju
Keju dalam salad memang menambah kenikmatan dengan rasa gurih yang diberikan.Tapi sadarkah Anda bila menambahkan keju di dalamnya akan meningkatkan nilai kalori? Bayangkan saja, satu gelas keju yang sudah diserut memiliki 396 kalori, sehingga salad yang sehat sama kalorinya dengan hamburger siap saji.

Menghiasnya dengan ayam renyah

Ilustrasi sayap ayam goreng. (flickr.com)
Ayam goreng dengan balutan tepung renyah di atas salad Anda? Lebih baik jangan dilakukan. Memang enak, tapi proses penggorengan dan penambahan tepung renyah yang membuat Anda rela memakannya berulang kali, meningkatkan nilai lemak dan karbohidrat dalam makanan. Bila ingin menggunakan ayam dalam salad, panggang terlebih dahulu untuk menjaga kandungan gizinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.