Sukses

Ingin Tidur Nyenyak? Lakukan 5 Hal Ini Setiap Hari

Berikut ini adalah 5 cara ampuh agar tidur Anda lebih nyenyak.

Liputan6.com, Jakarta Jika jam tidur Anda kurang, tentu saja akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan Anda. Itulah sebabnya mengapa mendapat waktu tidur yang cukup sangatlah penting. Ada beberapa hal yang timbul saat jam tidur Anda kurang, seperti masalah berat badan, tidak bersemangat, masalah pada jantung, dan bahkan tubuh Anda akan rentan terhadap penyakit.

Namun Anda tak perlu khawatir akan hal tersebut. Dilansir dari purewow.com pada Minggu Rabu (23/11/2016) berikut ini adalah 5 cara ampuh agar tidur Anda lebih nyenyak.

Bangun di Jam yang Sama
Tujuannya adalah untuk membuat siklus tidur dan siklus bangun tidur Anda dapat diprediksi dan juga menstabilkan ritme tubuh Anda, sehingga Anda merasa lelah dan ngantuk di waktu yang sama setiap malam.

Mendapat Sinar Matahari yang Cukup
Cahaya matahari memainkan peran besar dalam siklus tidur Anda, karena membantu menyinkronkan jam internal pada tubuh Anda. Tubuh Anda sangat responsif terhadap sinar matahari, antara pukul 06.00 – 08.30 . Jadi tidak ada salahnya bagi Anda untuk bantun lebih awal dan menikmati matahari pagi.

Kurangi Kafein
Jika ingin cepat sulit tidur di malam hari, maka sebaiknya Anda tidak minum minuman berkafein setelah pukul 14.00 . Tidak minum kafein selama enam jam sebelum tidur merupakan hal yang cerdas untuk menghindari susah tidur di malam hari.

Meditasi
Setelah lelah beraktifitas seharian, sediakan sedikit waktu paling tidak 10 menit untuk mengosongkan pikiran Anda. Karena jika kepala Anda masih berisi berbagai macam pikiran, itu akan membuat Anda sulit untuk tidur nyenyak.

Sedikit Olahraga
Tak ada salahnya untuk berjalan atau berlari kecil selama 20 menit saat istirahat makan siang Anda. Hal tersebut akan melatih otot-otot Anda dan membuat Anda berkeringat. Dengan adanya gerakan-gerakan kecil yang mengolah seluruh bagian tubuh, akan membuat Anda tidur lebih nyaman di malam hari.

(Dearni Grasia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini