Sukses

10 Manfaat Ajaib dari Konsumsi 3 Pisang Setiap Hari

Yuk, konsumsi pisang setiap hari. Ini manfaatnya.

Liputan6.com, Jakarta Pisang adalah buah yang sangat serbaguna. Selain biasa digunakan untuk membuat smoothie yang menyegarkan, menambah rasa lezat sebagai topping menu lain, atau hanya dimakan begitu saja. 

Pisang dengan rasa manis dan harga yang terjangkau memiliki khasiat yang sangat bermanfaat. Studi menunjukkan bahwa dengan makan tiga pisang per hari, Anda menambahkan sekitar 1500mg kalium pada tubuh.

Berikut adalah 10 manfaat kesehatan yang luar biasa dari makan pisang setiap hari seperti dikutip dari situs Lifehack, Selasa (22/11/2016).

1. Pisang menurunkan tekanan darah tinggi

Studi menunjukkan makan tiga pisang sehari dapat menurunkan tekanan darah Anda secara signifikan. Sebuah pisang berukuran sedang memiliki sekitar 422 mg kalium dan hampir bebas sodium. Pisang juga membantu untuk menetralkan efek tekanan darah meningkatkan natrium dalam makanan.

Pisang memperbaiki pencernaan

2. Pisang memperbaiki pencernaan

Pisang mengandung serat, baik larut dan tidak larut. Serat merupakan nutrisi penting dalam tubuh karena dapat membantu mengatur kecepatan pencernaan, berjalan lebih pelan. Pisang akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan juga dapat membantu masalah sembelit.

Tidak heran pisang sering dimasukkan dalam makan pagi. Pisang dapat membantu Anda memulai hari dengan lebih berenergi lebih lama.

3. Pisang meningkatkan kesehatan jantung

Asupan makanan yang tinggi serat, baik khasiatnya untuk jantung. Diet tinggi serat telah dikaitkan dengan risiko lebih rendah dari kedua penyakit kardiovaskular (CVD) dan penyakit jantung koroner (PJK). 

Asupan diet sehat dan seimbang akan memberikan asupan vitamin, mineral dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh, dengan satu atau dua pisang dapat menambahkan 4 gram serat per buah.

Pisang membantu menciptakan sel-sel sehat

4. Pisang membantu menciptakan sel-sel tubuh kembali sehat

Pisang kaya akan vitamin B6, yang mengandung 20 persen dari jumlah harian yang diperlukan untuk asupan orang dewasa. Vitamin B6 membantu tubuh memproduksi insulin, hemoglobin dan amino nonesensial asam diperlukan untuk membuat sel-sel sehat. Hal ini juga membantu dengan produksi antibodi untuk melawan infeksi.

5. Pisang meningkatkan kesehatan saluran pencernaan

Pisang relatif mudah dicerna, mereka dianggap non-iritasi untuk sistem pencernaan, atau saluran pencernaan.

Bahkan, pisang tidak hanya mengurangi permasalahan pencernaan, tetapi juga menguatkan saluran pencernaan dan membantu memulihkan mineral yang hilang setelah diare.

Itulah sebabnya pisang menjadi salah satu makanan padat pertama kali yang diperkenalkan kepada bayi.

Pisang kaya akan vitamin C

6. Pisang kaya akan Vitamin C

Ketika memikirkan vitamin C, jeruk dan stroberi mungkin adalah buah pertama yang ada di pikiran Anda. Pisang menyediakan 15 persen lebih besar dari kebutuhan harian untuk nutrisi penting ini.

Vitamin C adalah antioksidan penting yang menetralkan radikal bebas berbahaya dalam tubuh. Radikal bebas adalah atom bermuatan molekul atau ion yang terus menghancurkan sel-sel dalam tubuh Anda.

7. Pisang meningkatkan kinerja atletik

Jika Anda pernah bertanya-tanya mengapa banyak atlet sangat menyukai pisang, inilah alasannya. Pisang meningkatkan otot dan memberikan antioksidan dan nutrisi lainnya secara alami. Menurut sebuah studi di Appalachian State University, memakan setengah pisang setiap 15 menit selama tes time trial bersepeda sama efektifnya dengan minuman karbohidrat khusus untuk olahraga setiap 15 menit. Tidak heran Yohan Blake, Jamaika Olimpiade sprinter, dilaporkan makan 16 pisang sehari.

Pisang melawan anemia

8. Pisang melawan anemia

Pisang tinggi dengan kandungan zat besi, dan dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah, serta membantu melawan anemia. Anemia merupakan penurunan jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam darah, yang menyebabkan kelelahan, pucat dan sesak napas.

Selain itu, Vitamin B6 yang terkandung dalam pisang dapat menyeimbangkan kadar glukosa darah, dan juga dapat membantu tubuh penderita anemia.

9. Pisang menekan rasa lapar

Aroma pisang ternyata dapat menekan nafsu makan dan kelaparan yang datang tiba-tiba. Menurut penelitian oleh Dr Alan Hirsch dari Smell and Taste Treatment dan Research Foundation di Chicago, mencium aroma pisang ketika Anda lapar dapat mengelabui otak Anda, dan berpikir bahwa Anda sudah benar-benar makan. Pisang juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

10. Pisang mengangkat suasana hati dan membantu Anda merasa senang

Sebuah pisang ukuran sedang mengandung sekitar 27 magnesium mg. Mineral ini dapat membantu meningkatkan mood Anda dan membantu tidur yang baik. Pria dan wanita membutuhkan 420 mg dan 320 mg magnesium per hari, masing-masing. Jika tubuh Anda kekurangan magnesium, Anda mungkin menderita kecemasan, depresi dan gangguan lainnya.

Tera Tri Yusepi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.