Sukses

7 Fakta Mengejutkan Penyebab Timbulnya rasa Lapar Berlebihan

Kerap lapar terus menerus? Intip fakta dan penyebabnya di sini.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda kerap bertanya-tanya apa penyebab datangnya rasa lapar terus-menerus? Kelaparan adalah naluri dasar setiap makhluk hidup secara berkala setiap hari. Namun apabila rasa lapar datang terlalu sering, meskipun Anda telah mengkonsumsi makanan yang cukup, Anda harus mulai curiga.

Rasa lapar yang kerap datang di luar rutinitas normal, bisa membuat pikiran seseorang tidak tenang dan mengganggu aktivitas.

Selain itu, bila Anda selalu berusaha untuk memuaskan rasa lapar Anda dengan makanan juga bisa menimbulkan risiko seperti obesitas hingga kolesterol tinggi.

Berikut adalah beberapa alasan yang mengejutkan penyebab rasa lapar yang kerap menghantui sepanjang waktu seperti dikutip dari situs Boldsky, Rabu (9/11/2016).

1. Stres

Salah satu alasan serangan kelaparan yang terus menerus bisa dikarenakan oleh stres. Hormon kortisol dilepaskan dalam tubuh Anda ketika Anda berada di bawah stres yang tinggi, inilah yang membuat Anda merasa sering lapar. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hipertiroidisme

2. Hipertiroidisme

Kelaparan terus-menerus juga bisa menjadi gejala hipertiroidisme, suatu kondisi di mana tiroid memproduksi hormon secara berlebih dalam tubuh Anda, sehingga menimbulkan rasa lapar terus menerus.

3. Obesitas

Ya, obesitas dapat menyebabkan rasa lapar yang terus-menerus dan sebaliknya. Kelebihan lemak dalam tubuh Anda dapat menyebabkan lonjakan kadar insulin tubuh, dan menyebabkan meningkatnya rasa lapar.

4. Hipoglikemia

Penyebab lain kelaparan yang terus menerus bisa karena hipoglikemia atau tingkat gula darah yang rendah. Karena ketika kadar gula darah Anda rendah, tubuh Anda mulai mendambakan dan memberikan sinyal untuk mengonsumsi lebih banyak makanan untuk diubah menjadi energi.

3 dari 3 halaman

Menstruasi

5. Menstruasi

Seperti yang kita ketahui, selama periode menstruasi banyak fluktuasi hormonal terjadi dalam tubuh, menyebabkan berbagai gejala pada tubuh termasuk rasa lapar yang tiba-tiba meningkat pada wanita. kelaparan terus-menerus juga bisa menjadi gejala dari sindrom pra-menstruasi.

6. Dehidrasi

Alasan lain untuk kelaparan yang terus-menerus juga bisa dikarenakan dehidrasi. Ketika tubuh Anda mengalami dehidrasi, otak Anda dapat melakukan kesalahan, yang seharusnya haus menjadi dorongan kelaparan.

7. Obat

Hati-hati, efek samping dari obat tertentu yang Anda konsumsi seperti obat anti-depresi, obat alergi, antibiotik, dan lainnya bisa meningkatkan rasa lapar yang cukup tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.