Menikmati Indahnya Gunung Singgalang dari Cadas Marapi

Oleh Akbar Muhibar pada 20 Okt 2016, 14:00 WIB
Gunung Marapi

Liputan6.com, Jakarta Gunung Marapi, merupakan salah satu gunung aktif yang ada di Sumatera Barat. Menjulang dengan ketinggian 2891 Mdpl, gunung ini memberikan panorama yang luar biasa dari puncaknya. Anda dapat menjelajahi gunung ini dari beberapa titik pendakian. Salah satu yang populer adalah jalur Koto Baru, Kab. Tanah Datar.

Untuk mencapai Cadas Marapi, Anda harus melapor terlebih dahulu di tower yang ada di kaki Gunung Marapi. Kawasan tower ini merupakan titik terakhir menggunakan kendaraan sebelum Anda berjalan kaki menuju puncak. Setelah melapor, Anda akan berjalan menuju pos pertama dimana semua pendaki beristirahat terlebih dahulu. Pada pos ini, Anda disarankan untuk mengambil air secukupnya untuk perbekalan, karena tidak ada lagi sumber air selama perjalanan.

Perjalanan yang ditempuh menuju Cadas Marapi adalah sejauh 8 Km. Sepanjang perjalanan Anda akan dibawa pada jalur yang cukup berat, terutama pada saat hujan. Ditemani hutan yang rimbun dan track yang terkadang menanjak, Anda dituntut berhati-hati karena pada jalur ini di kiri dan kanannya merupakan jurang dalam.

Setelah Anda melewati hutan yang lebat, bebatuan akan menjadi track Anda selanjutnya. Perpindahan vegetasi dari hutan hujan ke area lumut sudah menjadi tanda bahwa Anda sesaat lagi akan mencapai Cadas Marapi. Cadas Marapi sendiri adalah tempat peristirahatan para pendaki sebelum mencapai puncak merapi. Tempat ini merupakan lokasi sempurna untuk mengabadikan keindahan Gunung Singgalang yang ada di sisi gunung ini.