Sukses

Basmi Komedo dengan Rutin Oleskan 4 Ramuan Alami Ini

Meski butuh waktu, empat ramuan alami ini bisa membasmi komedo di wajah dan membuat kulit bersinar cerah. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Komedo menjadi salah satu masalah terbesar pada wajah selain jerawat. Sama seperti jerawat, komedo sedikit sulit untuk diatasi.

Namun jika telaten dalam perawatannya, komedo bisa hilang dan wajah menjadi bersih bersinar kembali. Meski butuh waktu yang sedikit lama, cara-cara alami ini bisa kita lakukan untuk membasmi komedo dari wajah

Yang terpenting harus rutin merawat dan membersihkan wajah. Seperti yang dilansir dari wikihow.com, Jumat (30/9/2016), ada beberapa cara alami untuk mengatasi komedo.

1. Madu dan kayu manis

Ternyata kayu manis campur madu memiliki banyak manfaat yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya
Madu merupakan antibiotik alami sehingga mampu untuk membersihkan kotoran-kotoran pada pori-pori yang terbuka. Campurkan satu sendok madu dengan setengah sendok teh kayu manis kemudian oleskan secara merata pada kulit wajah. Pijat halus selama lebih kurang tiga menit kemudian cuci wajah dengan air hangat.

2. Putih telur

Masker putih telur dan minyak zaitun yang dapat membuat rambut berkilau
Membuat masker dari putih telur juga dapat membersihkan kotoran di pori-pori wajah. Putih telur yang sudah dipisahkan dari kuningnya dioleskan ke wajah secara merata. Biarkan masker putih telur kering sekitar 2 atau 3 menit.

Lalu ulangi lagi mengoles putih telur dan biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu gunakan air hangat untuk membersihkannya. Kita akan merasakan perubahan di wajah menjadi lebih bersih dan lembut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Basmi Komedo dengan Rutin Oleskan 4 Ramuan Alami Ini

3. Tanah liat

Tanah liat putih | via: happyolive.co.uk
Selain putih telur, kita juga bisa membuat masker tanah liat untuk membasmi komedo. Tanah liat berfungsi untuk mengeringkan pori-pori yang berminyak dan menghilangkan sisa minyak penyebab komedo dan jerawat.

Campur satu sendok makan tanah liat bubuk dengan cuka apel secukupnya lalu oleskan ke wajah. Tunggu 10-15 menit sampai tanah liat mengering kemudian cuci wajah dengan air hangat.

4. Oatmeal dan yoghurt

Menghilangkan bau kaki dengan skrub oatmeal. (via: curejoy.com)
Siapkan tiga sendok makan yoghurt kemudian campurkan dengan dua sendok makan oatmeal serta tambahkan sedikit tetesan lemon dan minyak zaitun. Oleskan ke wajah dan tunggu beberapa menit lalu cuci wajah dengan air hangat.

5. Kunyit dan mint

Selain Menurunkan Berat Badan, Ini Manfaat Lain Kunyit Asam. (Foto: post-gazette.com)
Kunyit dan mint mampu membersihkan pori-pori wajah yang menjadi penyebab komedo. Caranya adalah rebus daun mint dan dinginkan kemudian sisihkan 2 sendok makan dan dicampur dengan bubuk kunyit. Lalu oleskan pada wajah. Tunggu 10 hingga 15 menit, kemudian cuci wajah dengan air hangat.

(Widya Rahmi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.