Sukses

Ini Keunikan Tersembunyi di 5 Taman Nasional Pulau Jawa

Suatu kawasan harus memiliki kriteria khusus sebelum menjadi taman nasional, salah satunya ciri khas unik yang tidak dimiliki daerah lain.

Liputan6.com, Jakarta Taman nasional merupakan kawasan konservasi yang dikelola secara terpadu demi tujuan perlindungan, pelestarian, dan pemanfaatan segala ekosistem dan keindahan yang ada di dalamnya. Suatu kawasan yang ditetapkan sebagai taman nasional harus memiliki berbagai kriteria khusus, salah satunya adalah keunikan khas yang tidak dimiliki daerah lain.

Banyak taman nasional yang tersebar di Indonesia dengan beragam keunikannya. Seperti yang disusun tim Liputan6.com, Senin (29/8/2016) berikut 6 keunikan taman nasional di Pulau Jawa dengan keunikannya yang khas.

Alun-alun Suryakencana, Taman Nasional Gunung Gede – Pangrango

Memiliki luas keseluruhan 22.851 hektar, taman nasional yang berlokasi di tiga kabupaten, yaitu Bogor, Sukabumi, dan Cianjur ini memiliki keindahan berupa alun-alun Suryakencana. Padang edelweis dengan luas sekitar 50 hektar ini menjadi daya tarik bagi banyak pendaki yang ingin menapaki puncak Gunung Gede. Tak heran banyak pendaki menjadikan alun-alun Suryakencana sebagai tempat mereka bermalam sebelum melanjutkan perjalanan.

Padang edelweis di alun-alun Surya Kencana, Gunung Gede.

Savana Bekol, Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran, Jawa Timur. (balurannationalpark.web.id)

Memiliki pemandangan yang tak kalah menawan dengan savana di Afrika, Savana Bekol menjadi daya tarik bagi banyak wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Baluran. Kawasan ini menjadi habitat asli bagi sekawanan binatang endemik Indonesia, di antaranya kera ekor panjang, rusa, hingga banteng. Tak hanya itu, dari padang Sanava Bekol, wisatawan bisa menyaksikan keindahan Gunung Baluran dari dekat.

Pantai Triangulasi, Taman Nasional Alas Purwo

Pantai Triangulasi jadi bukti keindahan lain alam Banyuwangi.

Di balik lokasinya yang terpencil di timur Pulau Jawa, Taman Nasional Alas Purwo ternyata menyimpan keindahan pantai dengan pemandangan matahari terbenamnya yang eksotik. Pengelola taman nasional kerap menyebut pantai ini dengan nama Pantai Triangulasi. Meski tidak menjadi destinasi wisata layaknya kebanyakan pantai di Indonesia, Pantai Triangulasi memiliki garis pantai yang panjang, dengan pasirnya yang putih dan lembut. Mengingat lokasinya yang berada di kawasan taman nasional, pantai ini memiliki keindahan matahari terbenam lengkap dengan suasana hening, yang cocok bagi mereka yang ingin melepas kepenatan.

Air Terjun Madakaripura, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Berada di kaki Bromo, Madakaripura menjelma jadi pesona yang hampir tak tersentuh.

Berlokasi di Desa Tlogorejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, air terjun Madakaripura menjadi salah satu keindahan tersembunyi yang ada di kawasan taman nasional di Pulau Jawa. Dengan tinggi pancur mencapai 170 meter, air terjun yang tak lepas dari legenda Patih Gajah Mada ini diklaim sebagai air terjun dengan tinggi pancur tertinggi di Pulau Jawa.

Ikan Nemo, Taman Nasional Karimunjawa

Disebut sebagai mutiara dari utara Jawa, Karimunjawa sanggup beri buaian lembut mentari senja.

Memiliki luas lebih dari 100 ribu hektar, Taman Nasional Karimunjawa terdiri dari 27 pulau kecil menawan dengan pemandangan bawah lautnya yang menawan. Keberadaan kawanan Ikan Nemo menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak wisatawan untuk datang dan menyelam di Karimunjawa. Pelestarian terumbu karang menjadi harga mati yang tidak bisa ditawar agar ekosistem bawah laut dapat tetap hidup, termasuk keberadaan Ikan Nemo yang kini makin jarang ditemukan di Karimunjawa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.