Sukses

Cara Tepat Membuat Gaya Potongan Rambut Selalu Prima

Agar potongan rambut senantiasa terlihat prima, ternyata ada triknya.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda tak ingin sering-sering merapikan rambut, maka yang harus diperhatikan adalah perawatannya. Namun tak hanya perawatan, gaya rambut dan tekstur rambut juga harus diperhatikan.

Berikut adalah beberapa cara yang disarankan agar rambut tetap terlihat keren tanpa harus sering dirapikan, seperti dilansir dari Stylecaster.com, Selasa (23/8/2016). 

1. Tunggu sampai 12 minggu

Biasanya kita disarankan untuk melakukan trim rambut tiap 6-8 minggu sekali. Namun jika rambut Anda sehat, maka peraturan tersebUt bisa diperpanjang menjadi 12 minggu sekali. Terlebih lagi jika potongan rambut Anda termasuk potongan rambut yang bagus. Pengecualiannya adalah jika rambut Anda pendek. Untuk yang berambut pendek dan tetap ingin rapi, maka peraturan potong rambut tiap 6-8 minggu sekali tetap berlaku.

2. Pilih potongan rambut yang tepat

Secara garis besar, semakin pendek rambut maka semakin sering Anda harus melakukan trim (kecuali jika ingin dipanjangkan). Salah satu gaya rambut yang paling awet, dan tak perlu terlalu sering di-trim adalah gaya rambut tanpa poni dengan layer panjang, baik rambut lurus, bergelombang maupun ikal.
Layer ini sangat penting untuk memberi volume di rambut karena jika rambut Anda semuanya memiliki panjang yang sama tanpa layer maka kemungkinan lebih dari 8 minggu tanpa trim rambut mulai akan kehilangan volumenya. Atau jika rambut Anda ikal, maka rambut akan tampak berat dan terlalu mengembang.

3. Gunakan masker rambut 

Satu atau dua kali seminggu gunakan masker rambut dan tutupi rambut dengan shower cap. Biarkan selama beberapa jam atau semalaman agar benar-benar meresap. Ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan dan tingkat kelembapan rambut sehingga Anda tak perlu sering di-trim di salon.
Alternatif lain adalah menggunakan minyak kelapa murni (virgin coconut oil) sebagai pengganti masker rambut. Minyak ini mengandung protein yang juga dibutuhkan untuk menjaga kekuatan rambut.

4. Kurangi keramas

Semakin jarang keramas maka semakin banyak tingkat kelembapan yang ada pada rambut karena sampo mengandung banyak detergen yang bisa membuat rambut kering. Tapi, jika Anda sering berolahraga atau berkeringat dan tinggal di wilayah tropis yang lembap rasanya sulit untuk jarang keramas.

Solusinya adalah menggunakan sampo tanpa detergen. Sampo jenis ini lebih baik dalam memelihara kelembapan rambut dibanding sampo yang mengandung detergen. Coba keramas hanya 3 atau 4 kali dalam seminggu, dan di hari tak keramas gunakan sampo kering (dry shampoo).

 

(Ardi Suryaatmaja)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.