Sukses

Simak di Sini, 12 Cara Agar Tidur Lebih Cepat

Ketahui 12 cara agar dapat tidur lebih cepat.

Liputan6.com, Jakarta Berdasarkan para ahli di National Sleep Foundation, waktu rata-rata seseorang terlelap tidur antara 10-20 menit. Namun terkadang, hal itu tampak mustahil. Deretan daftar pekerjaan yang harus diselesaikan masih memenuhi kepala Anda, membuat susah tidur.

Namun, seperti dilansir dari Goodhousekeeping.com, Jumat (19/8/2016), berikut beberapa cara mudah yang dapat membuat Anda cepat terlelap.

1. Buat jadwal sebelum tidur

Seorang ahli tidur, Dr, Machel Breus mengatakan, buat jadwal mematikan alat-alat. Satu jam sebelum tidur matikan lampu, 20 menit untuk menyiapkan kebutuhan esok hari, 20 menit untuk bersih-bersih tubuh, dan 20 menit untuk meditasi. Dengan membatasi waktu, membantu Anda fokus untuk segera pergi tidur.

2. Menjaga cemilan di malam hari

Beberapa cemilan memang membantu tubuh untuk lelap lebih cepat. Makanan yang kaya akan magnesium bekerja melemaskan otot, dan makanan mengandung karbohidrat meningkatkan gula darah, memicu produksi insulin tubuh yang dapat membuat Anda mengantuk. Pilih menu seperti pisang, selai kacang atau roti yang dapat membantu Anda mengantuk lebih cepat.

3. Cermat tidur siang

Tak ada yang dapat menolak nikmatnya waktu tidur siang. Namun, jika Anda terlalu lama atau terlambat tidur siang, itu justru merusak tidur malam Anda. Untuk menghindari insomnia, pergi tidur siang jangan lebih dari 45 menit, dan tidak boleh lebih lama dari jam 4 sore.

4. Tuliskan kecemasan Anda

Dr. Catherine Darley, menyarankan agar menyempatkan waktu 10 menit sebelum tidur untuk menuliskan apa saja yang memenuhi pikiran Anda. Dengan begitu, ketika semua telah tertulis, Anda bisa pergi tidur lebih cepat dan lega.

5. Hindari kopi setelah jam 2 siang

Pasti langkah ini membuat panik banyak pecinta kopi. Namun, walaupun secangkir latte dapat membantu Anda kembali fokus di sore hari, penelitian menemukan bahwa meminum kopi 6 jam sebelum istirahat dapat mengganggu kualitas tidur. Jadi lebih baik coba alternatif teh di sore hari untuk membantu Anda menghilangkan rasa lelah.

6. Hindari alkohol 3 jam sebelum tidur

Terlalu banyak alkohol sebelum tidur dapat mengganggu tingkat nyenyak dalam tidur.

7. Sesuaikan alarm dengan cahaya

Jam biologis tubuh dibuat untuk membaca tanda cahaya sebagai waktu untuk bangun, dan gelap sebagai tanda untuk tidur. Jadi sesuaikan waktu tidur dengan pengaturan cahaya di rumah Anda.

8. Beri wewangian khas untuk kamar tidur Anda

Terlelap dalam wewangian favorit Anda dapat meningkatkan kualitas tidur. Walaupun wangi lavender diketahui dapat membantu tubuh untuk rileks, cari aroma yang membuat Anda mudah terlelap. Pilih yang paling Anda sukai agar Anda mudah mengantuk ketika memasuki kamar tidur.

9. Bayangkan tempat yang menyenangkan

Jika Anda ingin cepat terlelap, bayangkan tempat yang Anda anggap paling menyenangkan. Dengan begitu, Anda akan merasa senang dan nyaman sehingga cepat mengantuk.

10. Baca buku yang ringan

Membaca terbukti dapat membuat seseorang cepat terlelap. Namun, jangan pilih buku yang menegangkan seperti serial pembunuhan. Baca yang ringan dan dapat membuat Anda terlelap seketika.

11. Letakkan telepon genggam di dapur

Cahaya biru di gawai Anda dapat membuat tubuh berhenti menghasilkan hormon melatonin. Hormon ini yang mengatur siklus tidur dan bangun Anda. Letakkan gawai Anda di luar kamar tidur, agar Anda dapat segera terlelap.

12. Jangan terlalu dipusingkan

Semakin berusaha keras untuk terlelap, Anda akan semakin frustrasi, ini justru akan membuat lebih susah tidur. Lebih baik, coba untuk rileks dan jangan dipikirkan. Dengan begitu, tanpa terasa Anda akan terlelap tidur nyenyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini