Sukses

Tips Simpel Menjaga Vagina Tetap Sehat dan Segar

Risih dengan vagina berbau tak sedap? Ini solusinya.

Liputan6.com, Jakarta Menjaga kebersihan tubuh sangat penting, terutama menjaga kebersihan di daerah intim. Diperlukan kesiagaan diri untuk selalu menyadari setiap perubahan dalam tubuh Anda. Ketika Anda menemukan sesuatu yang salah, seperti vagina yang berbau itu artinya ada yang salah pada tubuh Anda.

Vagina memang memiliki bau yang berbeda. Namun, ketika bau itu menjadi sangat tajam secara terus-menerus itu merupakan suatu ketidakwajaran. Bau vagina yang tidak sedap dapat disebabkan dari berbagai alasan. Seperti saat menstruasi, akumulasi keringat,
bakteri vaginosis, perubahan hormon, dan juga kebersihan yang tidak terjaga.

Dilansir dari Boldsky.com pada Senin (1/8/2016), berikut adalah tips alami untuk menjaga agar vagina Anda tetap segar.

Yoghurt

(foto: boldsky.com)
Yoghurt kaya akan sifat anti-bakteri, jika diterapkan dengan benar dapat mengurangi bau tak sedap. Oleskan yoghurt pada tampon atau pembalut Anda dan kenakan seperti biasa. Kemudian diamkan 2 sampai 3 jam lalu bilas dengan air sampai bersih.

Cuka Apel

(foto: boldsky.com)
Campurkan 1 atau 2 sendok makan cuka apel ke dalam segelas air hangat, dan minumlah setiap hari. Cuka apel mengandung sifat anti bakteri dan antiseptik yang berfungsi membuang racun dalam tubuh Anda, termasuk menghilangkan bakteri penyebab bau tak sedap pada vagina.

Bawang Putih

(foto: boldsky.com)
Percaya atau tidak, sifat anti mikroba yang terdapat dalam bawang putih ternyata bisa menghilangkan bau pada vagina. Giling beberapa siung bawang putih sampai halus, lalu oleskan pada vagina Anda dan diamkan selama beberapa jam. Setelah itu Anda bisa membersihkannya dengan air dingin.

Teh Herbal

(foto: boldsky.com)
Seduh secangkir teh herbal dengan air hangat. Dinginkan sebentar dan gunakan teh tersebut untuk membilas daerah vagina Anda.
Lakukan hal ini secara rutin sekali dalam seminggu.

Sebelum menerapkan tips tersebut, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda tidak memilik alergi apapun dengan bahan-bahan yang akan digunakan.

 

(Dearni Grasia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini