Sukses

Bosan Kerja di Kantor Lama? Simak 7 Tanda Anda Harus Resign

Berikut ini 7 hal yang menandakan bahwa Anda mulai mempertimbangkan untuk resign dari tempat kerja yang lama.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian orang pasti pernah atau mungkin sedang merasa terjebak di suatu tempat kerja, tetapi tidak ragu untuk mengundurkan diri karena khawatir akan stabilitas yang telah dibangun sebelumnya. Walau argumen tersebut terdengar wajar adanya, tetapi bertahan di tempat kerja tanpa merasakan perkembangan kemampuan dan kebahagiaan akan sangat percuma.

Beberapa alasan umum yang sering di dengar perihal alasan mengapa seseorang mengundurkan diri, seperti kurangnya apresiasi, bos jahat, dan lainnya. Tak sedikit pula para pekerja sulit membaca tanda-tanda yang tengah dialami untuk mereka mencari suasana dan tempat kerja yang baru.

Seperti dilansir dari Success.com pada Senin (11/7/2016), Liputan6.com merangkum beberapa tanda-tanda yang dapat diartikan sebagai sinyal bahwa Anda sebaiknya mengundurkan diri dari tempat kerja dan mencari suasasana baru.

1. Sikap tidak peduli

Ketika seseorang yang telah menyerah atau bahkan hanya berpura-pura peduli pada pekerjaannya. Mereka hanya melakukan apa yang diharapkan oleh perusahaan tempatnya bekerja tanpa mengeluarkan energi lebih besar untuk menghasilkan sesuatu yang memiliki kualitas tinggi. Anda hanya mengerjakan tugas dan tanggung jawab, tetapi tanpa melakukannya sepenuh hati.

2. Sering terlambat dan ketidakhadiran meningkat

Terlepas dari kesulitan yang Anda hadapi untuk bangun di pagi hari dan tiba di kantor tepat waktu, perasaan tersebut timbul karena kemauan sendiri. Ketika seseorang sudah merasa jenuh dan cenderung stres pada tempat bekerjanya, mereka cenderung memilih untuk tidak langsung datang ke kantor dan menunda-nundanya. Selain itu, beragam macam penyakit mulai banyak muncul yang diakibatkan oleh depresi.

3. Penurunan kualitas kerja

Orang-orang yang peduli tentang kualitas pekerjaan mereka akan memerhatikan segala sesuatunya dengan rinci tanpa melewatkan detail apapun. Namun, jika Anda mulai tidak sepenuh hati peduli atau bahkan memikirkan hal-hal rinci tentang pekerjaan, mungkin saatnya untuk memilih tetap bertahan atau segera mencari tempat kerja yang baru.

4. Mood yang berubah-ubah

Sekalipun Anda orang yang moody atau mood mudah berubah-ubah, bila hal tersebut kerap dan sering terjadi, perasaan stres akan berpengaruh pada pekerjaan. Biasanya mereka mengekspresikan emosi di wajah dan semakin sulit untuk disembunyikan . Mereka sudah tidak peduli lagi apakah rekan kerja atau orang lain melihat perubahan tersebut dan itu tandanya Anda harus menyiapkan diri untuk pindah tempat kerja.

5. Isolasi

Bentuk isolasi ada dua situasi, yaitu disengaja yang dibentuk oleh karyawan tersebut karena pilihannya untuk keluar dan hanya di kepala mereka saja. Saat konsentrasi dan fokus terhadap sebuah pekerjaan mulai buyar, Anda hanya peduli bahwa keluar dari situasi dan suasana tersebut adalah jalan keluar. Hal tersebut sudah menandakan bahwa lingkungan sosial di tempat kerja lebih berpengaruh pada kinerja Anda ketimbang gaji dan fasilitas.

6. Kreativitas, ide, dan inovasi menghilang

Hal lainnya yang menandakan bahwa seseorang harus segera pindah tempat kerja dan mengundurkan diri adalah menghilangnya kreativitas, inovasi, dan keinginan untuk memberikan ide. Mereka cenderung memilih untuk diam serta tidak menawarkan saran atau ide dan bahkan sekalipun ditanya. Mereka berhenti menjadi kreatif dan malah mencoba hal-hal baru.

7. Lesu

Ketika tengah menghadapi masalah yang cukup berat dan membutuhkan perhatian lebih, energi Anda untuk melakukan pekerjaan juga akan terkuras jauh lebih cepat. Hal tersebut membuat fisik dan mental Anda menjadi lelah dan lesu. Pola pikir dan perasaan yang sudah tidak nyaman lagi tersebut menjadi salah satu inti permasalahan dan pertanda bahwa Anda lebih baik mempertimbangkan kembali eksistensi di tempat kerja tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini