Sukses

5 Kesalahan dalam Menggunakan Alat Pengeriting Rambut

Anda pengguna alat pengeriting rambut? Perhatikan hal-hal berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Ingin gaya rambut bergelombang ala beach waves yang cantik tanpa harus dikeriting permanen? Gunakan alat pengeriting rambut dengan tepat. Simak tips yang dilansir dari Glamour.com pada Selasa (5/7/2017) berikut ini.

1. Ukuran catok yang besar = gelombang rambut yang besar
Ukuran catok harus disesuaikan dengan panjang rambut Anda. Semakin pendek rambut maka semakin kecil ukuran catok yang dipakai. Catok yang terlalu besar akan sulit digunakan hingga hasil gelombangnya pun tak sempurna. Jika hasil akhirnya terlalu ikal, Anda bisa menyisir nya dengan jari ataupun sikat rambut untuk membuat ikalnya menjadi gelombang yang lebih besar.

2. Tidak pakai hairspray
Jika Anda hanya pakai hairspray sesudah selesai menata rambut dengan alat pengeriting rambut, maka kemungkinan hasilnya akan cenderung tak bertahan lama. Semprotkan sedikit hairspray sebelum Anda mulai mencatok rambut, dan sesudahnya semprotkan lagi sedikit agar hasilnya tahan lama terutama jika rambut Anda sangat lurus dan licin atau cenderung lepek. Hindari penggunaan hair oil karena justru akan membuat rambut terlalu licin untuk dikeriting.

3. Alat pengeriting rambut tidak cukup panas
Jika rambut Anda sering kena proses kimia seperti pewarnaan dan sering menggunakan alat bersuhu panas maka akan lebih baik jika Anda menggunakan alat pengeriting rambut yang disetel pada suhu rendah. Untuk rambut yang sehat, terutama rambut yang tebal dan kasar, Anda bisa menggunakan suhu yang tinggi. Yang penting adalah menggunakan produk pelindung panas atau heat protectant agar rambut tetap sehat.

4. Tidak mengeringkan rambut sebelumnya
Sebelum menggunakan alat pengeriting rambut, pastikan rambut sudah benar-benar kering. Saat rambut masih sedikit basah, besar kemungkinan rambut Anda akan terbakar saat dicatok.

5. Menggulung rambut terlalu lama
Ingat tips ini, jangan pernah menggulung rambut di alat pengeriting rambut selama lebih dari 10 detik! Pengecualiannya adalah jika rambut Anda susah untuk dibentuk ikal atau gelombang, maka rambut bisa dicatok sedikit lebih lama. Dan pastikan tiap bagian rambut dicatok dengan waktu yang sama lamanya agar hasilnya rapi.

(Ardi Suryaatmaja)

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.