Sukses

Deretan 10 Pantai Cantik di Banten Siap Ramaikan Libur Lebaran

Libur Lebaran di Banten semakin seru dan menyenangkan dengan deretan pantai yang indah dan cantik.

Liputan6.com, Banten Beruntunglah Anda yang akan melaksanakan mudik Lebaran ke Banten. Deretan pantai dari Anyer, Carita, sampai Tanjung Lesung siap memanjakan mata Anda. Pasir putih, air jernih, dan laut yang landai, menjadi spot-spot yang asyik untuk menikmati libur Lebaran tahun 2016 ini.

“Karakter Banten di jalur pantai ini adalah coastalzonetourism, wisata bentang pantai,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya di Jakarta.

Ketika libur Lebaran tiba, saatnya para pemudik dan wisatawan menikmati #PesonaLebaranBanten. ”Tempat wisata kami terus bersolek, terus berbenah. Bagi yang asli Banten, tidak usah berpikir jauh-jauh ke Bali. Bila Anda ingin menikmati keindahan pantai dan pasir putih, Banten juga punya dan memanjang dari Anyer sampai Tanjung Lesung,” ujar Gubernur Banten, Rano Karno.

Warga Jakarta yang hendak mencari sensasi pantai yang asyik juga tidak perlu repot. Cukup masuk tol arah Serang, lalu menuju ke Anyer dan sepanjang jalur itu ke arah Ujung Kulon. Presiden Joko Widodo sudah menetapkan Tanjung Lesung sebagai 1 dari 10 top destinasi prioritas.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut wisata bahari di Banten ini sudah level dunia. Siap menikmati Pesona Lebaran Banten? Inilah titik-titik yang perlu Anda lihat.

1. Pantai Sambolo

Pantai yang berada di kawasan wisata Pantai Anyer ini merupakan salah satu yang memiliki fasilitas cukup lengkap. Selain menikmati keindahan pemandangan dan pasir putih, di sini Anda juga bisa mengajak keluarga untuk melakukan kegiatan olahraga air, seperti banana boat, donat boat, jetsky, hingga parasailing.

Sejumlah fasilitas pendukung seperti restoran atau rumah makan pun sudah ditata dengan apik, sehingga dipastikan bakal membuat Anda betah untuk berlama-lama.

Lokasi: Jalan Raya Anyer Km 135, Tambang Ayam, Anyer 42466, Serang, Banten.

2. Pantai Jambu

Dari sejumlah pantai yang ada di kawasan Anyer, Pantai Jambu adalah pantai yang memiliki hamparan lebih putih dan halus. Kondisi pantainya juga bisa dibilang masih belum banyak terjamah tangan pengembang, sehingga Pantai Jambu menawarkan panorama yang sangat indah.

Posisinya yang lebih menjorok ke darat membuat Pantai Jambu cenderung dangkal dan memiliki ombak yang tenang, sehingga Anda akan merasa lebih aman bila ingin mengajak si kecil untuk berenang.

Lokasi: Bulakan, Cinangka, Serang, Banten, Indonesia

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pantai Carita

3. Pantai Carita

Pantai Carita telah dikenal lama sebagai salah satu tempat wisata favorit bagi para penduduk Jakarta. Tempatnya yang tak jauh dari Ibu Kota membuat kawasan ini selalu ramai dikunjungi pada musim-musim liburan.

Carita menawarkan panorama laut yang sangat indah. Tidak hanya pantai, tapi Carita juga menawarkan keindahan bawah laut yang luar biasa. Maka pantaslah bila melalui SK Menteri Pertanian No. 440/kpts/UM/1978 tanggal 15 Juli 1978, Carita ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam.

Lokasi: Sukarame, Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten, Indonesia

4. Pantai Florida

Tenang, pantai yang satu ini bukan berada di Amerika. Pantai Pasir Putih Florida juga masih berada di kawasan wisata pantai Anyer. Meski demikian, Pantai Pasir Putih Florida adalah tempat yang paling tepat untuk menikmati keindahan matahari tenggelam.

Selain itu, Pantai Pasir Putih Florida juga memiliki hamparan pasir putih paling luas di antara pantai-pantai lainnya yang ada di Anyer. Keberadaan Gunung Krakatau di kejauhan pun seakan membuat pemandangan sunset di Pantai Pasir Putih Florida semakin sempurna.


Lokasi: Jalan Raya Anyer-Sirih, Serang, Banten, Indonesia

5. Pantai Karang Bolong

Bila di kalangan penjelajah beredar ungkapan "alam aslinya tak seindah foto Google", maka ungkapan itu tak berlaku bagi Pantai Karang Bolong. Pantai yang berjarak 50 kilimeter dari Kota Serang ini menawarkan pemandangan yang berbeda dari pantai-pantai di wilayah Banten lainnya.

Tebing karang berbanjar yang berada di muka pantai seakan berperan sebagai perisai untuk meredam kerasnya ombak yang menghantam. Maka tak salah bila dahulu penduduk setempat menyebutnya dengan nama Pantai Karang Surga.

Bila Anda ingin menikmati keganasan lautan tanpa harus khawatir untuk terkena dampaknya, maka Pantai Karang Bolong harus Anda jadikan pilihan pertama.

Lokasi: Cinangka, Serang, Banten.

3 dari 4 halaman

Pantai Ciantir Sawarna

7. Pantai Ciantir Sawarna

Bila Anda warga Banten, maka wajib hukumnya untuk mampir ke Pantai Ciantir. Pasalnya, wisatawan dari berbagai negara saja sudah tak asing dengan pantai yang berada di wilayah Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, ini.

Maklum saja, ombaknya yang cukup besar membuat pantai ini menjadi salah satu surga bagi para peselancar dari seluruh dunia. Namun, Anda tak perlu harus mahir berselancar untuk datang ke sini. Pasalnya, Pantai Ciantir juga menawarkan pemandangan luar biasa indahnya bila Anda hanya memilih untuk bersantai.

Lokasi: Sawarna, Kabupaten Lebak, Banten, Indonesia

 

7. Pantai Binuangeun

Nah, kalau pantai yang satu ini adalah tempat yang paling tepat untuk para "Pemancing Mania". Karang-karangnya yang menjorok ke laut, menjadi tempat yang indah untuk menunggu kail Anda dihinggapi ikan. Kalau bahasa pemancing bilang, Anda bisa merasakan memancing di laut dengan sensasi "empang".

Namun jangan kaget bila sesampai Anda di sana, justru hanya memilih untuk bersandar sambil menikmati deburan ombak. Karena Pantai Binuangeun juga menawarkan pemandangan yang sangat indah lantaran wilayahnya yang masih berlum terlalu banyak dijamah.

Lokasi: Jalan Raya Tj. Pantai, Muara, Wanasalam.

4 dari 4 halaman

Pantai Tanjung Layar

8. Pantai Tanjung Layar

Pantai Tanjung Layar masih berada di kawasan Sawarna. Nama Tanjung Layar sendiri diambil dari dua bongkahan karang besar di depan bibir pantai yang sekilas memang menyerupai layar. Namun bila tak berswafoto ria dengan latar belakang bongkahan karang ini, maka kunjungan anda ke Sawarna dianggap tidak sah.

Lokasi: Sawarna, Bayah, Lebak Regency, Banten.

9. Pantai Ciputih Sumur

Pantai ini terletak di dalam kawasan Taman Nasional Tanjung Kulon. Maka keindahan alam yang terjaga keasliannya, sudah menjadi jaminan bagi Anda yang datang ke sini.

Kalau ingin mencari ketengan, Pantai Ciputih adalah tempat yang paling tepat untuk Anda datangi. Dan jangan pernah ragu untuk bermalam di sini karena pengelola Taman Nasional Ujung Kulon telah menyediakan sejumlah bungalow untuk tempat menginap para wisatawan yang datang.

Dengan bungalow-bungalow yang menghadap ke pantai, Anda bahkan bisa menikmati suara deburan ombak dan semilir angin hingga mata Anda terpejam.

Lokasi: Taman Nasional Ujung kulon

10. Pantai Cihara

Pantai di Kampung Sukahuja, Desa Ciparahu, ini luar biasa indahnya. Anda bisa menikmati dua pemandangan berbeda sekaligus saat tiba di pantai ini. Pada sisi kanan pantai ini Anda bisa memandangi indahnya ombak besar saat membentur karang dan batu cadas. Bahkan, terkadang percikan ombak bisa menyembur hingga ketinggian tiga meter dari atas karang.

Di sisi kiri tersaji pemandangan berbeda. Hamparan pasir putih dengan ombak yang cukup tenang, menjadi tempat yang tepat untuk Anda bermain air bersama keluarga.

Lokasi: Lebak, Malingping, Kabupaten Lebak, Banten.

#PesonaIndonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini