Olahraga Sehat Bagi Tubuh Namun Bisa Merusak Kulit, Benarkah?

Oleh Liputan6 pada 09 Mei 2016, 06:30 WIB

Liputan6.com, Jakarta Olahraga memang baik bagi kesehatan tapi ternyata ada efek negatifnya bagi kulit, seperti yang dikemukakan oleh dermatologis dr. Joshua Zeichner. Dilansir dari Allure.com pada hari Jumat (6/5/2016), olahraga dapat menimbulkan beberapa reaksi pada kulit wajah dan tubuh.

Jerawat

Menumpuknya keringat, kotoran dan minyak di kulit berpotensi menimbulkan jerawat, terutama di wajah, dada dan punggung. Terkadang hal ini terjadi karena folliculitis, yaitu infeksi di folikula rambut (tempat tumbuhnya rambut) yang diakibatkan oleh hal yang sama. Solusinya adalah segera mandi setelah selesai berolahraga. Namun, terkadang kita tak bisa langsung mandi sesudah selesai olahraga. Jika tidak dapat langsung mandi, Anda dapat menyeka kulit dengan handuk yang kering dan lanjutkan dengan menggunakan tisu basah antiseptik. Jangan biarkan keringat menumpuk di kulit terlalu lama.

Jerawat punggung

Ini sangat umum terjadi karena selama berolahraga kaus yang digunakan menahan keringat dan akibatnya keringat tersebut terus menerus menempel di punggung. Solusinya adalah gunakan
kaus yang daya serap keringatnya baik. Saat ini, banyak sekali merek alat olahraga terkemuka yang meluncurkan baju olahraga yang terbuat dari material dengan teknologi canggih yang memungkinkan bahan baju tersebut untuk menyerap keringat sekaligus membuat keringat menguap dengan cepat sehingga tidak menempel di kulit tubuh. Biasanya baju olahraga seperti
ini ditandai dengan istilah 'Dry-wick' atau 'Performance'.

Kulit gelap dan berkerut

Tak hanya saat olahraga di luar, saat Anda berolahraga di dalam ruangan pun sering kali Anda terpapar matahari misalnya saat latihan treadmill atau sepeda statis dekat jendela. Solusi yang paling tepat adalah tentu saja memakai tabir surya dan mengulangi penggunaannya beberapa kali. Sayangnya, banyak yang enggan memakai tabir surya dengan alasan membuat kulit jadi makin
berminyak dan membuat jerawat. Untuk itu pilih tabir surya dengan tekstur losion ataupun gel bebas minyak. Untuk tubuh, pilih yang berbentuk spray agar lebih praktis.

Kulit perih

Masalah ini biasanya terjadi karena iritasi yang terjadi saat kulit saling bergesek satu sama lainnya ataupun kulit tergesek oleh bahan sepatu maupun baju. Solusi yang dapat Anda lakukan adalah, menggunakan pelembab dengan tekstur pekat seperti petroleum jelly pada bagian tubuh yang sering mengalami gesekan sebelum berolahraga.

Penuaan dini

Banyak yang cemas kolagen di kulit akan hancur dan kulit wajah jadi kendur akibat hentakan yang terjadi berulang kali saat berlari. Sayangnya, saat ini belum adal solusi yang dapat mencegah pengenduran kulit akibat sering berlari. Dermatologis dr. Zechner mengatakan bahwa ini belum tentu terjadi karena masih perlu penelitian lebih lanjut. Namun jika Anda cemas, maka dianjurkan untuk memilih olahraga yang low-impact seperti renang dan yoga yang tidak banyak hentakan. Jika Anda suka lari namun cemas akan kulit yang mengendur, Anda dapat menggunakan penahan dagu (chin strap) yang akan menahan kulit wajah sehingga tidak ikut bergerak saat Anda lari.

(Ardi Suryaatmaja)