Sukses

Ternyata, Ini 9 Alasan Mengapa Anda Selalu Merasa Lapar

Berikut ini adalah alasan yang dapat menjelaskan mengapa Anda terus menerus merasa lapar, bahkan setelah makan sekalipun.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda adalah orang yang selalu merasa lapar? Anda tidak sendirian. Perasaan bosan dan stres dapat menjadi penyebab dari keinginan-keinginan Anda pada segala sesuatu yang terlihat, namun masih banyak alasan lain yang juga dapat membuat Anda selalu merasa kelaparan.

Meskipun tidak ada aturan berlaku mengenai kapan Anda harus merasa lapar dan tidak, namun menurut Lisa Young, Ph.D, seorang ahli gizi yang berasal dari New York City, sekaligus dosen nutrisi di New York University, sangat wajar apabila Anda merasa lapar setiap tiga sampai empat jam sekali.

Namun, apabila Anda menemukan diri Anda merasa lapar lebih sering dari waktu tersebut, berikut ini adalah sembilan alasan paling potensial yang dapat menjelaskan mengapa perut Anda terus menerus merasa lapar sepanjang waktu, seperti dilansir dari self.com, Senin (18/4/2016).

1. Anda terlalu banyak memakan karbohidrat olahan
Karbohidrat olahan dapat berasal dari roti tawar putih, nasi putih, kue, permen, dan segala makanan yang sepertinya memuaskan perut Anda. Namun, semua makanan ini ternyata juga meningkatkan gula darah dengan sangat cepat. 

Makanan ini dapat dicerna dengan sangat cepat, yang membuat insulin menanggapi glukosa yang tinggi dan membuat gula darah menjadi rendah dan membuat Anda kelaparan. Selain itu, gula darah yang rendah juga dapat membuat otak memerintah Anda untuk memakan makanan yang dapat memberikan energi dengan cepat, seperti gula. Inilah mengapa Anda sering merasa kelaparan dan terlalu banyak makan.

2. Anda kehilangan protein, lemak, dan serat
Ada tiga nutrisi yang dapat membuat Anda merasa kenyang, yaitu protein, lemak, dan serat. Makanan yang mengandung ketiga nutrisi ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga Anda tidak akan merasa lapar dalam waktu dekat setelah makan.

Lisa menganjurkan untuk mendapatkan setidaknya satu elemen di setiap makanan yang Anda santap, walaupun dua atau tiga elemen jauh lebih baik. Protein merupakan nutrisi yang paling mengenyangkan, oleh karena itu pilihlah makanan yang mengandung protein. Sedangkan serat dapat menstabilkan gula darah Anda dan mencegah Anda untuk tidak terlalu banyak makan.

3. Perhatikan jumlah porsi makanan
Jika makanan yang Anda makan telah cukup mengandung protein, lemak, dan serat, namun Anda masih sering merasa lapar, berarti porsi makanan yang Anda makan tidak cukup. Coba tambahkan porsi makanan Anda dengan sesuatu yang mengandung nutrisi, ketimbang karbohidrat olahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Anda selalu merasa lapar

4. Anda hanya merasa haus
Ketika Anda merasa lapar, cobalah untuk meminum satu gelas air putih. Banyak kasus menyatakan rasa lapar sebenarnya hanya sekedar rasa haus saja. Jika segelas air ini tidak dapat melumpuhkan rasa lapar, maka ini adalah pertanda bahwa Anda memang benar-benar merasa lapar.

5. Anda memiliki metabolisme yang cepat
Anda pasti pernah menemukan orang-orang yang dapat memakan apapun yang mereka inginkan dan tetap memiliki tubuh yang kurus. Hal tersebut dikenal sebagai keunggulan genetik.
Beberapa orang memiliki metabolisme yang sangat cepat. Jika Anda salah satunya, maka Anda memang perlu makan lebih banyak dan sering. Metabolisme bukan faktor stabil dalam kehidupan seseorang, namun jika Anda memiliki masalah dengan hal ini, maka Anda dapat memperlambatnya dengan diet rendah kalori.

6. Anda tidak cukup tidur
Jika Anda mengalami tidak cukup tidur, maka kemungkinan Anda akan merasa kelaparan di siang hari. Orang yang kurang tidur, kontrol hormonal mereka akan tidak seimbang dan menyebabkan mereka makan berlebihan. Selain itu, dua hormon utama yang juga dapat menyerang Anda adalah kortisol (hormon stres) dan ghrelin (hormon lapar).

Ketika Anda tidak cukup tidur, kedua hormon tersebut akan menimbulkan keinginan akan asupan gula dan lemak atau apapun yang dapat dijadikan sebagai bahan bakar cepat.

Ingat, kebutuhan tidur masing-masing individu berbeda, normalnya adalah tujuh sampai sembilan jam dalam sehari.

3 dari 3 halaman

Mengapa Anda selalu merasa lapar?

7. Anda terlalu keras latihan kebugaran
Tingkat aktivitas Anda berpengaruh besar terhadap perasaan lapar yang Anda alami. Ketika Anda memiliki banyak aktivitas, maka asupan makan juga perlu lebih banyak. Bagaimana mengetahuinya? Datanglah ke ahli gizi atau Anda dapat mengukurnya sendiri dengan indikator.

8. Obat-obatan Anda membuat lapar
Beberapa obat dapat meningkatkan nafsu makan. Saran yang biasanya diberikan adalah untuk menanyakan kepada dokter atau membaca efek samping dari obat yang akan dikonsumsi.

9. Anda sedang mengalami PMS
Tentu saja hal ini hanya dialami oleh kaum wanita. Siklus menstruasi memang memiliki peranan penting dalam rasa lapar yang Anda alami. Biasanya Anda akan terus menerus merasa lapar dan makan tanpa alasan selama masa PMS ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.