Sukses

Trik Maksimalkan Ruang Sempit untuk Ciptakan Dapur yang Luas

Dapur yang sempit dengan perlengkapannya yang banyak tentu mendatangkan mimpi buruk bagi Anda yang gemar memasak.

Liputan6.com, Jakarta Tiap Anda tentu mendambakan dapur yang luas dan nyaman. Namun di lain hal, Anda juga mendambakan dapur yang lengkap. Dapur yang lengkap kerap membuat dapur yang luas seolah menjadi sempit. Dua lemari, oven ganda, dan perlengkapan yang diletakkan seadanya tentu mendatangkan mimpi buruk di dapur Anda.

Berikut trik memaksimalkan ruang sempit untuk ciptakan dapur yang luas, nyaman, dan lengkap, seperti dikutip dari onegreenplanet, Senin (28/3/2016).

Buat Rak Portable
Anda tentu tidak bisa memindahkan isi sebuah pulau besar ke dapur. Namun dengan sedikit trik jitu, Anda bisa mengembalikan keranjang lama yang sudah tak terpakai sebagai tempat menyimpan yang bisa dipindahkan. Hal ini memungkinkan dapur Anda menjadi lebih luas, karena Anda bisa menyimpan beberapa perkakas setelah Anda memasak.

Pikirkan yang Vertikal

foto: onegreenplanet

Dinding dapur bukan suatu hal yang mustahil untuk dimanfaatkan. Bisa memanfaatkannya merupakan suatu keuntungan. Hanya dengan bermodal kawat bekas, Anda bisa menggantungkan berbagai perlengkapan dapur di sebuah pegboard buatan Anda sendiri. Menggunakan semua ruang kosong yang ada pada dinding dapur Anda merupakan suatu keuntungan, bisa membuat dapur Anda terasa lebih luas.

Anda Perlu Perhitungan Matang
Saat mendapati ruang dapur tidak terlalu luas, masihkah Anda memikirkan untuk memiliki tiga pembuka kaleng yang berbeda atau memiliki 16 set piring yang belum tentu Anda gunakan semuanya? Mulai sekarang perhitungkanlah perlengkapan masak apa saja yang perlu ada dan perlengkapan masak apa saja yang tidak perlu ada setiap hari di dapur. Sekarang juga bukan waktunya lagi memajang piring kecil di dapur, mengingat ruang dapur adalah komoditas yang berharga.

Simpan di Tempat Lain

foto: onegreenplanet

Bagi Anda yang gemar menyimpan makanan kaleng, ketahuilah berbagai benda tersebut mampu membuat dapur Anda menjadi seolah-olah sempit. Barang-barang ini tidak seharusnya ada di dapur Anda. Buatlah tempat khusus untuk menyimpannya, dan Anda bisa mengambilkan beberapa yang Anda perlukan saja saat pergi ke dapur. Dapur yang kecil bukan suatu yang mengerikan, jika Anda mau sedikit kreatif dalam memanfaatkan segala ruang kosong yang ada. Dapur Anda memang kecil, dan imajinasi dan cinta Anda yang membuatnya menjadi luas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini