Sukses

Panduan Memilih Cincin Lamaran bagi Para Pria

Bingung memilih cincin pertunangan untuk sang kekasih? Ini tipsnya.

Liputan6.com, Jakarta Ketika Anda memulai riset tentang cincin pertunangan terbaik untuk pasangan Anda, sangat wajar sebagai pria yang tak mengerti sama sekali untuk merasa bingung. Rencana untuk melamar pujaan hati, memerlukan persiapan yang matang. Untuk menemukan cincin tunangan yang tepat, pertimbangkan beberapa faktor mulai dari budget yang tersedia hingga desain cincin yang diinginkan. Ada beberapa formula dasar yang dapat membantu Anda untuk memilih cincin tunangan.

Jika Anda berpikir untuk membeli cincin bertahtakan berlian, hal-hal yang harus diperhatikan adalah jenis bentuk berlian, karat, warna dan kejernihan. Sementara itu, jika Anda ingin memilih cincin dengan batu permata lainnya, tidak ada standar tertentu seperti halnya berlian. Hanya saja, karena batu permata banyak ragamnya, pastikan Anda memilih batu berkualitas dengan harga yang sesuai.

Tips memilih cincin pertunangan untuk sang kekasih. (Foto:Foto: 123rf.com)

Potongan berlian tidak melulu tentang besar ukurannya. Di sini, Anda harus lebih memperhatikan bagaimana berlian tersebut terlihat presisi. Hal ini adalah satu-satunya yang tidak ditentukan oleh alam, dan berada sepenuhnya di tangan artisan. Jika berlian dipotong terlalu dalam, berlian tersebut akan lebih lemah cahayanya. Sebaliknya, jika diasah dan dipotong dengan sempurna, maka kilau berlian akan terlihat maksimal.

Untuk warna, berlian putih yang sempurna tidak memiliki bias warna lain sama sekali di dalamnya. Karenanya sangat wajar jika berlian berharga lebih mahal daripada batu berwarna lainnya. Semakin jernih berlian putih Anda, maka akan semakin mahal harganya. Kejernihan tersebut memperlihatkan betapa berlian begitu tanpa cela. Namun berlian dengan tingkat kesempurnaan yang tinggi sangat jarang ditemui. Bahkan berlian dengan tingkatan paling baik juga memiliki cela, namun memang tak terlihat dengan mata telanjang.

Yang terakhir adalah karat yang menentukan berat berlian. Berlian dengan karat lebih besar, tak selalu harus terlihat lebih besar secara visual. Berlian dengan karat besar namun potongan lebih dalam kadang terlihat lebih kecil daripada berlian dengan karat yang lebih kecil namun dengan potongan yang tak terlalu dalam. Sesuaikan dengan jenis logam mulia yang Anda sukai mulai dari platinum, emas kuning, emas putih hingga rose gold yang trendy.

(Bridestory.com)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.