Sukses

Tips Desain Minimalis dan Unik untuk Dapur Mungil

Sulap dapur mungil Anda agar terlihat lebih luas, dengan cara praktis berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Enggan memasak karena interior dapur yang membosankan? Terlebih bila Anda memiliki dapur dengan area yang kecil. Anda membutuhkan ide yang pintar dan unik agar dapur Anda tetap menarik dan nyaman untuk memasak meski memiliki ukuran yang terbatas. 

Jika Anda hendak menata ulang dapur, Anda dapat mencontek inspirasi interior dapur berukuran kecil berikut ini, seperti dilansir dari situs Goodhousekeeping pada Jumat, (5/2/2016).

1. Gunakan Warna Terang

Anda dapat menggunakan warna terang pada dapur Anda yang memiliki ukuran yang kecil. Warna terang dapat memberikan ilusi ruang yang lebih besar. Warna terang dapat Anda aplikasikan pada dinding, atau lukisan yang Anda tata sebagai aksesori ruangan. Untuk membuat dapur Anda lebih modern Anda juga dapat menambahkan sentuhan logam, kayu atau tekstur bata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Berikan Ruang Gerak

 

2. Gunakan Vertikal Space

Buat dapur sempit Anda lebih minimalis dengan memanfaatkan area kosong dengan pintar

Anda dapat menambahkan desain vertikal space dengan memberikan rak yang menggantung di dinding. Selain dapat dimanfaatkan untuk menata peralatan dapur, juga dapat memberikan ruangan yang lebih besar di lantai dan membuat Anda nyaman bergerak melakukan aktivitas memasak di dapur.

3 dari 5 halaman

Hindari Jendela

3. Tanpa Jendela

Buat dapur sempit Anda lebih minimalis dengan memanfaatkan area kosong dengan pintar

Hindari jendela pada dapur kecil, karena jendela dapat membuat ruangan Anda terlihat semakin kecil. Siasati dengan penerangan pada bagian atap untuk membuat ruangan Anda nyaman dan terang tanpa menghabiskan space ruangan Anda. Konsep langit-langit kaca merupakan solusi yang menarik. Jika Anda ingin penerangan di bagian dinding, usahakan untuk menyembunyikannya sehingga membuat dapur lebih luas. 

4 dari 5 halaman

Pilah Peralatan Dapur

3. Seleksi Peralatan Dapur

Buat dapur sempit Anda lebih minimalis dengan memanfaatkan area kosong dengan pintar

Anda tidak perlu memenuhi dapur Anda dengan peralatan karena ini akan membuat dapur telihat sempit dan tidak beraturan. Anda dapat menyimpan blender dan coffee maker di dalam rak tertutup. Anda dapat mengeluarkannya jika diperlukan. Bahan-bahan makanan yang biasanya ditata di atas meja dapat anda susun di dalam kulkas agar dapur terlihat lebih rapi.

5 dari 5 halaman

Tempatkan Peralatan dengan Pintar

4. Manfaatkan Ruangan Kosong dengan Pintar

Buat dapur sempit Anda lebih minimalis dengan memanfaatkan area kosong dengan pintar

Anda dapat memanfaatkan ruangan kosong untuk meletakkan tempat sampah. Jika kabinet pada dapur Anda masih kosong dapat dimanfaatkan untuk menempatkan mug dan coffee maker. Pisau, sendok dan panci dapat Anda gantung pada dinding bukan menempatkannya di atas meja. Manfaatkanlah ruangan kosong untuk meminimalisir penggunaan area di dalam dapur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.