Sukses

5 Mitos Salah Ketika Seseorang Pesan Hotel Secara Online

Padahal pesan hotel secara online bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini banyak situs reservasi online yang memberikan kemudahan dalam memesan kamar hotel. Namun, tak dapat dipungkiri kalau masih ada masyarakat yang ragu memesan kamar hotel melalui Online Travel Agent (OTA) dan lebih memilih memesan langsung ke hotel bersangkutan atau agen perjalanan konvensional.

Hal ini bisa jadi berkaitan erat dengan mitos-mitos seputar pesan hotel via Online Travel Agent yang selama ini umum diketahui. Apa saja itu? Simak ulasan lima mitos seputar booking hotel online di bawah ini:

1. Pesan Hotel via Online Tidak Aman

Tidak sedikit masyarakat yang masih cemas saat pesan hotel via online akibat mempertimbangkan keamanannya. Mulai dari takut tertipu, transfer ke rekening yang salah, hingga khawatir informasi data dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Padahal, beberapa Online Travel Agent sudah menerapkan sistem keamanan yang tinggi. Salah satunya dengan memiliki tanda berupa gembok di address bar atau kolom alamat situs webnya. Tak itu saja, sebagian OTA juga sudah menggunakan jaringan privat berupa HTTPS, atau protokol komunikasi internet yang melindungi kerahasiaan informasi pengguna. HTTPS ini melindungi semua informasi Anda agar tidak bisa disadap dan juga memastikan bahwa hanya pengguna situs itu yang mengakses koneksi tersebut.

Bicara soal keamanan pembayaran, alangkah baiknya Anda mengikuti semua petunjuk pembayaran yang dianjurkan oleh OTA tersebut. Informasi ini umumnya ditampilkan pada situs resmi tiap OTA. Jika masih ragu, jangan sungkan untuk bertanya ke customer service OTA tersebut.

2. Booking Hotel via Online Ribet dan Merepotkan

Mitos lain yang beredar di masyarakat adalah booking hotel via Online Travel Agent itu ribet dan merepotkan. Mulai dari proses pemesanan yang sulit hingga metode pembayarannya yang terbatas, membuat masyarakat lebih memilih untuk pesan langsung melalui agen travel konvensional atau hotel yang bersangkutan.

Pada kenyataannya, OTA justru membantu Anda mendapatkan kamar hotel yang diinginkan dengan dengan cara yang mudah dan praktis. Anda cukup mencantumkan nama lengkap, nomor handphone, dan alamat e-mail untuk mendapatkan voucher hotel. Setelah melakukan pembayaran, dalam beberapa menit voucher hotel yang Anda pesan terkirim ke kotak masuk e-mail Anda.

Plus, OTA juga menyediakan pilihan metode pembayaran terlengkap yang memudahkan Anda saat memesan voucher hotel. Traveloka, sebagai OTA terbesar di Indonesia, menyediakan beragam proses pembayaran, seperti melalui kartu kredit, ATM, transfer via mobile, hingga bayar di Indomaret. Jadi, Anda bisa tentukan sendiri metode pembayaran mana yang benar-benar sesuai dengan Anda.

3. Diskon Hotel via Online Itu Bohong

Banyak Online Travel Agent yang sering menawarkan promo diskon hotel. Namun pertanyaannya, apakah harga sewa kamar yang ditawarkan oleh OTA itu benar-benar bisa semurah itu? Ya, tentu saja! OTA gencar bekerja sama dengan pihak-pihak tertentu, seperti bank, asuransi, hingga grup hotel untuk memberikan harga termurah bagi konsumen, terutama pada momen-momen spesial.

Traveloka misalnya, yang bekerja sama dengan tiga grup hotel, Horizon Group, Intiwhiz International, dan Dafam Hotels, menyelenggarakan promo bertajuk “Amazing Offer for your best holiday offer”. Melalui promo ini, Anda bisa mendapatkan diskon hotel hingga 63% yang berlangsung mulai tanggal 27 Januari sampai 14 Februari 2016.

4. Informasi Hotel di Online Travel Agent tidak akurat

Saat memesan hotel, muncul sederet ketakutan dalam benak Anda. Misalnya: kondisi asli hotel, kebersihan hotel, hingga akses hotel yang sulit. Tak jarang, hal ini juga membuat Anda takut saat memesan hotel via OTA.

Nyatanya, Anda bisa melihat informasi lengkap seputar hotel, baik itu foto, lokasi, hingga fasilitas hotel secara lengkap. Berbeda dengan informasi hotel yang Anda dapat dari agen travel konvensional atau pihak hotel, yang tak jarang, terbatas. Lewat OTA, Anda juga bisa membandingkan secara langsung informasi hotel yang satu dengan hotel lainnya

Bahkan, jika memesan via Traveloka, Anda bisa mengetahui rating dan review dari tamu sebelumnya yang pernah menginap di hotel tersebut. Opini dari tamu lain tentu bisa membantu Anda untuk menentukan apakah hotel tersebut layak dipilih atau tidak.

5. Kesulitan Mengubah Jadwal, Refund, dan Lain-lain.

Apakah Anda khawatir kamar hotel yang sudah Anda pesan melalui Online Travel Agent  tidak dapat diubah atau dibatalkan? Jika demikian, ada baiknya Anda pesan hotelnya via Traveloka saja. Sebab, Traveloka menyediakan layanan customer service 24 jam sehari untuk membantu Anda mengubah jadwal pemesanan hingga tipe kamar. Apalagi, Traveloka menyediakan layanan refund secara online, namun tetap bergantung dengan kebijakan masing-masing hotel.

Anda bisa menghubungi Traveloka baik melalui telepon, e-mail, atau chat langsung dengan customer service yang bertugas. Jadi, semua pertanyaan Anda seputar pemesanan hotel Traveloka, akan terjawab. Anda pun tak lagi khawatir nantinya Anda akan mengalami kerugian.

Itulah beberapa mitos keliru seputar pesan hotel lewat Online Travel Agent. Kehadiran OTA justru mampu mempermudah hidup Anda saat bepergian, ketimbang harus mengunjungi beberapa gerai agen travel atau menghubungi langsung pihak hotel. Tak cuma menghemat waktu dan tenaga, OTA juga mampu menghemat budget Anda.

(Adv)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini