Sukses

Ini 6 Patung Tertinggi dan Menakjubkan di Dunia

Lebih dari seonggok bangunan, patung-patung ini juga menyimpan peristiwa penting dalam sejarah manusia.

Liputan6.com, Jakarta Patung merupakan karya seni 3 dimensi yang sudah lama ada di tengah peradaban manusia. Patung biasa dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang keras. Hal ini bertujuan agar karya seni ini bisa bertahan lama dari zaman ke zaman.

Tak hanya menjadi seonggok bangunan yang tidak bermakna, patung yang sengaja dibuat tinggi juga berfungsi sebagai media yang menyimpan berbagai peristiwa penting dalam sejarah umat manusia. Bahkan tak hanya itu, ukuran patung yang tinggi menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk datang dan mengaguminya.

Dilansir dari themysteriousworld, Jumat (11/12/2015), berikut 6 patung tertinggi di dunia dan menjadi destinasi wisata.

The Mother Calls, Rusia
foto: themysteriousworld

The Mothers Calls dibangun untuk memperingati pertempuran Stalingrad yang terjadi antara Agustus 1942–Februari 1943, yaitu salah satu perang besar yang terjadi selama Perang Dunia II. Patung monumental ini dibangun di Kota Volgograd di Rusia. Memiliki tinggi 87 meter dengan panjang pedang mencapai 33 meter, patung ini dirancang oleh seorang seniman bernama Nikolai Nikitin dan pematung Yevgeny Vuchetich. Lebih dari 7.900 ton beton disatukan dari berbagai belahan dunia pada 1967 untuk membangun patung ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Grand Buddha di Lingshan, Tiongkok

Grand Buddha di Lingshan, Tiongkok
foto: themysteriousworld

Ini adalah patung Buddha terbesar yang pernah ada di Tiongkok. Terletak di pegunungan Longshan, patung ini memiliki tinggi hingga mencapai 88 meter. Terbuat dari perunggu dengan berat 700 ton, patung ini menjadi salah satu destinasi wisata yang memiliki luas mencapai 74 hektar, dan menjadi salah satu situs Buddha yang kerap dikunjungi wisatawan mancanegara.

3 dari 6 halaman

Grand Buddha of Thailand

Grand Buddha of Thailand
foto: themysteriousworld
Thailand patut berbangga memiliki Grand Buddha. Pasalnya, patung yang diklaim sebagai patung tertinggi di negara tersebut memiliki tinggi mencapai 92 meter. Pembangunan patung ini sendiri menghabiskan waktu hingga 18 tahun, dimulai pada 1990 hingga 2008, dan dibuat dengan menggunakan semen yang ditutupi cat emas. Menurut informasi, pembangunan patung Buddha raksasa ini dibangun oleh prinsip-prinsip agama Buddha Theravada.

4 dari 6 halaman

Sendai Daikannon, Jepang

Sendai Daikannon, Jepang
foto: themysteriousworld

Sendai Daikannon merupakan patung Buddha setinggi 100 meter yang terletak di Sendai, Jepang. Berlokasi di pegunungan Sendai, patung ini juga menjadi salah satu destinasi wisata religi di Jepang. Dari sekitar kawasan patung ini dapat dilihat pemandangan kota yang menakjubkan.
Patung Sendai Daikannon menggambarkan seorang Dewi, tangan kanannya memegang permata, sedangkan tangan kirinya memegang air kebijaksanaan. Melalui elevator, wisatawan yang berkunjung bisa melihat patung menakjubkan ini dari dekat dan melihat sekitaran kota Jepang yang modern.

5 dari 6 halaman

Guan Yin, Tiongkok

Guan Yin, Tiongkok
foto: themysteriousworld

Patung Guan Yin merupakan representasi dari Buddha Dewi kasih sayang. Berlokasi di Provinsi Hainan, Tiongkok, patung ini memiliki tinggi mencapai 108 meter dan menjadi salah satu patung tertinggi di dunia. Keunikan patung ini terletak pada bagian kepala Buddha yang memiliki tiga wajah yang berbeda. Ketiga wajah Buddha ini mewakili berkah dari dewi yang ada dari berbagai arah di dunia. Butuh waktu hampir 6 tahun untuk menyelesaikan patung raksasa ini.

6 dari 6 halaman

Ushiku Daibutsu, Jepang

Ushiku Daibutsu, Jepang
foto: themysteriousworld
Ushiku Daibutsu merupakan patung dengan tinggi mencapai 110 meter. Seluruh bagian patung ini terbuat dari perunggu. Terdapat 4 tingkatan pada patung ini yang dapat dicapai oleh para pengunjung dengan menggunakan lift. 

Pada tingkatan pertama, pengunjung dapat mendengarkan musik yang indah, tingkat 2 benar-benar didedikasikan untuk studi Al-Kitab, tingkat ketiga diisi dengan patung Buddha kecil sebanyak 30.000 patung. Dari tingkat paling atas, pengunjung bisa menyaksikan taman indah yang ada dalam lingkungan patung.**

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.