Sukses

Perawatan Sederhana Agar Rambut Lebih Cepat Panjang

Pertumbuhan rambut bisa dipercepat dengan cara-cara sederhana berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Anda bosan dengan rambut pendek atau ingin rambut Anda tumbuh panjang lebih cepat? Kebanyakan penata rambut mengatakan bahwa rambut akan tumbuh panjang dalam waktu 6-8 minggu. Namun, sebenarnya, Anda bisa mendorong pertumbuhan rambut ini dengan lebih cepat. Bagaimana caranya?

Jen Atkin, Clear Scalp & Hair Celebrity Hairstylist yang pernah menangani sejumlah rambut selebriti dunia seperti Jennifer Lopez dan Jessica Biel, mengatakan bahwa cara terbaik untuk menumbuhkan rambut adalah dengan trim (setiap tiga sampai empat bulan) ditambah dengan beberapa penambahan rutinitas. Ikuti rumus nya di bawah ini sebagaimana dilansir melalui Modernmom.com, Senin (30/11/2015). (Ern)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Page 2

1. Memijat Kulit Kepala

"Saya pikir terlalu banyak orang berfokus pada ujung rambut mereka," kata Atkin. Padahal, menurut Atkin, kunci rambut yang sehat ada di kulit kepala. "Berikan perhatian lebih pada akar rambut dan kulit kepala dapat membantu menumbuhkan rambut dengan lebih cepat," sambung Atkin.

Setelah keramas menggunakan sampo, gunakan kondisioner rambut seraya memijat kulit kepala dengan jari Anda. "Pijat kepala dapat membantumeningkatkan aliran darah, yang merangsang folikel rambut untuk memproduksi rambut lebih tebal, lebih berkilau, mengurangi ketombe dan meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan," kata Elizabeth Cunnane Philips, trichologist di Kingsley Clinic Philip di New York City.

3 dari 5 halaman

Page 3

2. Gunakan Masker Rambut

Minyak kelapa tidak hanya bermanfaat untuk memutihkan gigi, namun juga diketahui dapat mempercepat pertumbuhan rambut. "Wanita di Dubai menggunakan minyak kelapa sebagia masker rambut mereka," kata Atkin.

Minyak kelapa ini, dioleskan merata pada kulit kepala dan seluruh rambut lalu didiamkan selama semalam dengan menggunakan shower cap. Gunakan minimal seminggu sekali.

Selain minyak kelapa, minyak kedelai hitam juga dapat digunakan sebagai alternatif untuk menambah protein dan merangsang pertumbuhan rambut secara lebih cepat.

4 dari 5 halaman

Page 4

3. Perhatikan Yang Anda Makan

Diet Anda dapat berefek positif atau negatif pada rambut Anda. Untuk mendorong pertumbuhan, Atkin merekomendasikan konsumsi vitamin berupa minyak ikan.

Minyak ikan mengandung omega-3 asam lemak yang mendorong pertumbuhan dan perbaikan sel. Anda juga bisa mendapatkan dosis besar gizi ini dengan mengonsumsi Ikan Salmon, alpukat, dan terong. "Jenis makanan apa pun yang mengandung protein dapat memberikan manfaat yang bagus untuk pertumbuhan rambut Anda," kata Atkins.

5 dari 5 halaman

Page 5

4. Potong Rambut dengan Cerdas

"Ketika Anda memotong rambut, biasanya penata rambut memberitahu bahwa sebaiknya lapisannya memanjang agar rambut dapat tumbuh lebih cepat, dan bukannya memotong terlalu pendek," kata Atkin.

Namun sebaiknya, kata Atkin, cara yang terbaik untuk memotong rambut adalah dengan membawa contoh gambar model potongan rambut yang Anda inginkan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini