Sukses

Waktu Tepat Potong Rambut Sesuai Jenis Rambut

Kapan waktu yang tepat untuk momotong dan merapikan rambut Anda?

Liputan6.com, Jakarta Salah satu bagian terpenting dari penampilan ada pada rambut Anda. Model dan potongan rambut yang cocok dapat langsung meningkatkan penampilan pria dan wanita. Untuk menjaga bentuk, model dan potongan rambut, Anda perlu mengetahui kapan memotong rambut. Berikut ini dilansir dari Allure Rabu (04/11/2015), informasi terkait kapan waktu tepat untuk kembali merapikan dan memotong rambut pada model rambut apa pun.

Rambut alami

Pemotongan baik dilakukan setiap 12 minggu atau 3 bulan sekali. Jika rambut Anda tidak pernah terkena zat kimia seperti pewarna dan tidak pernah terkena panas dari alat-alat styling, maka rambut Anda tergolong sebagai rambut yang paling sehat diantara rambut lainnya. Rambut ini akan selalu terlihat indah walaupun tidak di potong selama 3 bulan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Page 2

Rambut keriting kasar atau kribo

Pemotongan rambut baik dilakukan setiap 12 minggu atau 3 bulan sekali. Jika Anda berniat untung memanjangkan rambut, mintalah pada hairstylist Anda untuk memotong 1/4 inchi setiap kedatangan. Hal ini membantu rambut Anda untuk tumbuh lebih cepat.

Rambut panjang lurus atau berombak

Pemotongan rambut baik dilakukan setiap 8 - 12 minggu atau 2 - 3 bulan sekali. Jika Anda merawat rambut Anda dengan baik, maka Anda dapat menunggu 8-12 minggu untuk pemotongan selanjutnya. Karena dengan perawatan yang tepat, ujung rambut Anda seharusnya tidak akan mudah bercabang.

3 dari 6 halaman

Page 3

 

Rambut keriting halus atau medium

Pemotongan lebih baik dilakukan setiap 8 - 12 minggu atau 2 – 3 bulan sekali. Anda yang memiliki rambut keriting biasanya cenderung lebih sering merawat dan memperhatikan kesehatan rambut Anda. Karena itu, biasanya rambut jenis ini akan jauh lebih sehat dibanding rambut lainnya. Bagi yang keritingan rambutnya lebih halus, memotong rambut setiap 2 bulan sekali adalah pillihan yang tepat, karena jika rambut terlalu panjang, bentuk keritingan akan terlihat berantakan.

Rambut dengan layer panjang

Pemotongan rambut lebih baik dilakukan setiap 6 – 8 minggu atau 1.5 – 2 bulan sekali. Model rambut ini adalah satu-satunya model rambut yang diharuskan oleh para hairstylist untuk dipotong setiap 6 – 8 minggu atau 1.5 – 2 bulan sekali. Jika lebih dari jangka waktu tersebut, model rambut Anda tidak akan berbentuk sempurna. Sedangkan dalam jangka waktu 1.5 – 2 bulan, panjang dari layer rambut akan tetap mampu membingkai wajah Anda dengan sempurna.

 

4 dari 6 halaman

Page 4

Rambut dengan panjang layer yang berbeda-beda

Pemotongan rambut lebih baik dilakukan setiap 6 minggu atau 1.5 bulan sekali. Setiap minggunya tekstur pada layer rambut Anda akan berubah setiap minggunya. Pada minggu pertama, tekstur layer rambut tidak akan menyatu antara panjang yang satu dengan panjang yang lain. Di mana pada minggu kedelapan, potongan layer mulai panjang dan tidak lagi terlihat seperti layer. Sehingga rambut Anda akan terlihat tak berbentuk dan berantakan.

Rambut model bob atau lob

Pemotongan rambut lebih baik dilakukan setiap 6 minggu atau 1.5 bulan sekali. Untuk tetap menjaga keindahan dan bentuk dari potongan rambut ini, pemotongan harus dilakukan secara rutin dan teratur sehingga rambut tanpa layer ini tetap memiliki volume.

5 dari 6 halaman

Page 5

Rambut tipis lurus atau bergelombang

Pemotongan rambut lebih baik dilakukan setiap 4 - 6 minggu atau 1 - 1.5 bulan sekali. Anda yang berambut tipis pasti selalu iri pada mereka yang berambut tebal. Yang perlu dilakukan untuk menjaga bentuk dan tampilan rambut tipis ialah dengan memotong dan membentuknya secara rutin. Tapi di setiap pemotongan, panjang rambut yang dipotong pun juga tidak boleh terlalu banyak.

Rambut pendek

Pemotongan rambut lebih baik dilakukan setiap 4 minggu atau sebulan sekali. Model rambut yang pendek seperti model mangkuk dan pixie memiliki potongan yang unik. Keunikan inilah yang membuat rambut ini terlihat bagus pada pemiliknya. Untuk itu Anda yang berambut pendek harus terus momotong rambut Anda dalam jangka waktu yang pendek agar potongan rambut terus berbentuk dan terjaga keunikannya.

6 dari 6 halaman

Page 6

Rambut yang rusak

Pemotongan rambut lebih baik dilakukan setiap 4 minggu atau sebulan sekali. Rambut yang tegolong sebagai rambut rusak ialah rambut yang sering kali melewati proses kimia, seperti pewarnaan dan terkena panas dari alat styling rambut. Hanya ada satu cara untuk kembali mendapatkan rambut yang sehat, yaitu dengan memotong bagian ujung rambut secara. Dengan kata lain, rambut sehat yang baru tumbuh akan menggantikan rambut Anda yang rusak.

Rambut berponi

Pemotongan lebih baik dilakukan setiap 2 minggu sekali. Dari seluruh rambut yang ada di kepala Anda, bagian poni merupakan bagian rambut yang lebih cepat panjang. Untuk menjaga model rambut berponi yang Anda miliki, maka pemotongan rambut harus lebih sering dilakukan. Setidaknya untuk menjaga panjang poni Anda agar tetap berbentuk dan tidak menggangu penglihatan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.