Sukses

PewDiePie, Seleb Youtube yang Jadi Miliarder

Mau jadi miliarder? Mungkin Anda harus mempertimbangkan menghabiskan waktu lebih lama di situs Youtube.

Liputan6.com, Jakarta Mau jadi miliarder? Mungkin Anda harus mempertimbangkan menghabiskan waktu lebih lama di situs Youtube.

Inilah yang terjadi pada komentator video game asal Swedia, Felix Kjellberg. Majalah bisnis Amerika Serikat Forbes menobatkan pria 25 tahun itu sebagai orang yang mendapat penghasilan terbesar lewat Youtube. Siapakah dia? Jika Anda kerap menonton tayangan Youtube, mungkin Anda familiar dengan nama PewDiePie. Kjellberg adalah pemilik channel PewDiePie di Youtube.

Ia mendapatkan penghasilkan 12 juta dollar Amerika Serikat alias Rp 162,42 miliar dalam setahun. Itu didapatkannya berkat 40 juta "bro army" pelanggan channel-nya di Youtube.

Posisi kedua ditempati oleh duo Smosh dan Fine Brothers. Mereka memasukkan berbagai video reaksi anak-anak terhadap fenomena populer. Mereka mendapatkan sekitar 8,5 juta dollar AS atau lebih dari Rp 115 miliar.

Pemain biola Lindsey Stirling yang juga mengunggah video-nya di Youtube mengklaim mendapatkan 6 juta dollar AS alias Rp 81,2 miliar. Make up artis yang sering mengunggah video-nya di Youtube, Michelle Phan juga mendapatkan 3 juta dollar AS atau lebih dari Rp 40 miliar.

Mereka tak hanya mendapat uang dari Youtube, tetapi juga dari program rekanan Youtube yang memberikan mereka sponsor. Bahkan mereka juga kadang-kadang diundang ke acara televisi dan diajak bermain film. (Uno/Nad)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.