Sukses

Lombok Masuk Nominasi Wisata Halal Terbaik Dunia

Liputan6.com - Mulai tanggal 19 hingga 21 Oktober 2015, akan digelar sebuah event pariwisata halal seluruh dunia atau The World's Halal Travel Summit di Abu Dhabi, Uni Emirate Arab (UAE). Pada event tersebut, Pulau Lombok menjadi satu-satunya destinasi wisata di indonesia yang masuk nominasi untuk memperebutkan penghargaan World's Halal Travel Award.

Seperti dikutip dari website resmi World's Halal Travel Award, dari 14 kategori, pulau Lombok berhasil masuk pada 2 kategori nominasi yakni World's best Halal Honeymoon Destination dan World's Best Halal Tourism Destination. Pada kategori World's best Halal Honeymoon Destination atau Destinasi Bulan Madu Halal Terbaik Dunia, pulau Lombok akan bersaing dengan beberapa destinasi lainnya di dunia seperti Abu Dhabi (UAE), Antalia, (Turkey) Krabi (Thailand), dan Kuala Lumpur (Malaysia).

Sementara itu pada kategori World's Best Halal Tourism Destination atau Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia, pulau Lombok akan bersaing dengan 7 destinasi dunia lainnya yakni Abu Dhabi, Antalia (Turkey) Aman (Jordan) Doha (Qatar), Istanbul (Turkey), Marakech (Maroko),dan Kuala Lumpur (Malaysia).

"Panitia seleksi memliki kriteria dalam menentukan daerah/ destinasi wisata yang masuk nominasi. Dan itu berdasarkan voting yang dilakukan terhadap wisatawan muslim Dunia yang telah melakukan kunjungan ke destinasi tersebut, termasuk kunjungan yang dilakukan oleh panitia The World's Halal Travel Summit," terang Uji Gaffar, Direktur Promosi, Badan Promosi Pariwisata daerah (BPPD) NTB, Senin (14/9/2015).

Lombok masuk kategoti World's halal Travel Awards di Abu Dhabi

Menurut Uji, masuknya pulau Lombok di 2 kategori tersebut dilihat dari survey kepuasan para wisatawan muslim yang datang ke pulau Lombok dan senang berada di Lombok karena setiap perhotelan atau tempat penginapan selalu menyediakan fasilitas ibadah seperti arah kiblat disetiap kamar, dan sajadah. Tak hanya hotel berbasis halal, namun juga dari sisi makanan yang yang disajikan selalu berlabel halal. Survey juga dilihat dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM) serta budaya dan adat istiadat masyarakat Lombok yang islami, apalagi pulau Lombok dikenal dengan pulau Seribu Masjid.

Uji menambahakan, dengan terpilihnya pulau Lombok sebagai satu-satunya dari 13 destinasi wisata halal di Indonesia yang masuk nominasi tersebut adalah hal yang luar biasa dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat pulau Lombok karena telah berhasil memperkenalkan dan menjual destinasinya di mata dunia.

"Ini merupakan kesempatan strategis. Dengan ini (masuk nominasi) dunia sudah melihat bahwa pulau Lombok telah berhasil menjual destinasi wisata halalnya," terang dia. Untuk itu, ia berharap agar masyarakat Lombok lebih meningkatkan pelayanan yang berbasis halal kepada setiap wisatwan yang datang berkunjung ke pulau Lombok."Kita bangga karena Lombok masuk nominasi dan bersaing dengan beberapa negara di Dunia. Untuk itu mari kita lebih tingkatkan pelayan kepada para wisatawan," tandasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.