Sukses

Meneropong Pulau Zum Zum yang Cantik dan Historis dari Langit

Pulau Zum Zum tak hanya indah, namun juga dilingkupi oleh cerita sejarah yang panjang.

Liputan6.com, Jakarta Keindahan gugusan kepulauan Morotai memang tak ada habisnya. Jejeran pulau dengan karakteristiknya yang unik ini bahkan tak hanya menawan tapi juga dilingkupi cerita sejarah yang panjang. Selain Dodola, Pulau Zum Zum merupakan pulau menawan lainnya yang ada dalam lingkup Kepulauan Morotai, Maluku Utara.

Pulau Zum Zum dapat ditempuh hanya dalam waktu 15 menit dengan menggunakan speed boat dari pelabuhan Morotai. Pulau ini menjadi salah satu kawasan penting dalam gejolak Perang Dunia II karena sempat menjadi basis pertahanan pasukan sekutu di Pasifik.

Di pulau tak berpenghuni ini terdapat Monumen Jenderal MacArthur, seorang panglima pasukan Perang Pasifik. Monumen ini dibangun sebagai upaya untuk mengingat kembali peran penting Jenderal MacArthur yang memiliki kepemimpinan militer tangguh dan bakat organisasinya yang kuat.

Setelah Indonesia merdeka, Kepulauan Morotai, khususnya Pulau Zum Zum menjadi salah satu destinasi wisata bahari unggulan di Indonesia timur. Pulau Zum Zum yang mempesona menjadi tujuan wisata bahari yang lengkap. Karena pulau ini menawarkan berbagai aktivitas wisata menarik mulai dari snorkeling, diving, dan berkeliling dengan menggunakan speed boat.

Simak video drone Pulau Zum Zum di program Liputan6.com di Langit Indonesia, Jumat (28/8/2015).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.