Sukses

Pusing Cari Kerja? Berjualan Online Saja

Ini alasan memilih berjualan online untuk mendapat penghasilan.

Liputan6.com, Jakarta Mencari pekerjaan bukanlah suatu perkara yang mudah. Di Indonesia, kecepatan pertumbuhan angkatan kerja tidak sebanding dengan pertumbuhan lapangan kerja itu sendiri. Hal ini pun menyebabkan persaingan kerja dari tahun ke tahun semakin ketat. Pengangguran kini tidak lagi mengenal tingkat pendidikan, baik kelompok yang tidak bersekolah, lulusan SD, SMP, SMA, maupun perguruan tinggi, pasti ada saja yang menjadi pengangguran.    

Sulitnya mencari perkerjaan membuat angkatan kerja Indonesia harus berpikir lebih kreatif untuk menyelesaikan permasalahan ini. Salah satu contohnya adalah dengan memulai berjualan online. Meskipun toko online kini sudah menjamur, namun jangan khawatir dengan persaingan yang terjadi karena permintaan pasar online di Indonesia bahkan dunia terus meningkat. Mengapa permintaan pasar online terus meningkat? Berdasarkan hasil penelitian yang dilansir oleh Asian Journal of Business Research pada tahun 2011, terdapat 4 alasan untuk menjawab pertanyaan tersebut.

 

1 Waktu berbelanja lebih Fleksibel

Totalitas kerja kini menjadi hal yang begitu penting. Saking tingginya tuntutan akan totalitas kerja, membuat banyak pekerja kini harus bekerja dari pagi buta hingga malam hari. Hal ini pun membuat mereka menjadi tidak memiliki waktu luang untuk membeli barang kebutuhannya di mall atau pasar offline.

Disinilah toko online memiliki andil. Menurut penelitian tersebut, banyak orang kini lebih memilih berbelanja online dikarena tidak adanya batas waktu berbelanja. Karena berbelanja online hanya bermodalkan gadget, mereka bisa berbelanja bahkan di tengah malam atau di tengah-tengah kesibukan kerja.

2 Informasi mengenai Produk Lebih Banyak

Penelitian ini juga menunjukan bahwa pembeli sudah begitu bosan dengan iklan-iklan atau janji manis penjual akan keunggulan suatu produk. Sedangkan toko online dikonsepkan agar para pembeli terdahulu bisa menceritakan pengalamannya membeli dan menggunakan suatu produk. Sharing pengalaman inilah yang kini membuat permintaan pasar online menjadi terus meningkat. Hal ini pun menguntungkan para pelaku bisnis online karena tidak harus membuat kalimat-kalimat manis untuk mengunggulkan dan menjual produknya.

3 Produk yang ditawarkan lebih beragam

Berbelanja online juga menjadi pilihan karena beragamnya jenis produk yang ditawarkan. Banyak sekali produk-produk yang dijual melalui toko online yang tidak akan didapatkan di toko offline. Perusahaan besar asal Prancis, Yves Rocher saja hanya menggunakan toko online untuk menjual produknya di Amerika.

Beragamnya produk yang ditawarkan tidak hanya menguntungkan para pembeli, para penjual pun bisa turun dintungkan. Dalam berjualan online terdapat istilah reseller, jadi para penjual bisa memasarkan kembali produk jual orang lain untuk mendapatkan untung yang tidak kalah besar. Ingat, pasar berjualan online itu tidak hanya mencakup lingkungan lokal atau Indonesia saja, pasar ini mencakup seluruh dunia!

4Harga Produk Lebih Murah dari Toko Offline

Harga murah. Ya, meskipun kebiasaan pembeli sudah banyak berubah namun harga yang murah masih menjadi alasan favorit dalam membeli suatu produk. Para penjual bisa memberikan harga yang murah dikarenakan pasarnya sangat luas. Pembeli bisa berasal dari mana saja sehingga proses produksi pun dapat dilakukan secara masal dan biaya produksi pun dapat ditekan. Untuk masalah distribusi, penjual tidak perlu menyewa toko untuk memasarkan produknya bahkan banyak pembeli yang bersedia menanggung ongkos pengiriman barang!

Permintaan pasar online terus meningkat, apalagi yang menjadi alasan anda untuk tidak berjualan online? Peluang untuk sukses berjualan online kini sangat besar, bukan? Waktu terus berjalan, ayo, jangan sia-siakan kesempatan untuk berjualan online!

 

(kleora.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.