Sukses

Ini Kata Menteri Andrinof Chaniago Soal Sungai Kapuas

Mentri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), Andrinof Chaniago, bicara tentang potensi wisata sungai Kapuas.

Liputan6.com, Pontianak Mentri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), Andrinof Chaniago menyatakan bahwa Sungai Kapuas yang menjadi kebanggaan masyarakat Kota Pontianak memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata.

Hal itu diungkapkannya di Taman Alun Kapuas usai menyusuri sungai Kapuas bersama Wali Kota Pontianak, Sutarmidji, menggunakan kapal milik Kodam XII/Tanjungpura pada Jumat malam, 5 Juni 2015.

“Kita tadi melihat bersama-sama potensi Sungai Kapuas di Kota Pontianak ini. Nah potensinya itu yang belum dimanfaatkan, yakni mengoptimalkan area Sepanjang Sungai Kapuas untuk ekonomi pariwisata,” ungkapnya. Kedatangannya ke Kota Pontianak ini bertujuan untuk meninjau langsung potensi Sungai Kapuas dalam rangka pembangunan dan penataan waterfront.

Pembangunan waterfront Sungai Kapuas disebutnya akan mencontoh sungai di Kota Lyon, Prancis karena karakteristik sungai di sana mempunyai kemiripan dengan pertemuan 2 sungai, yakni Sungai Landak dan Sungai Kapuas. “Kalau ditata seperti sungai di Kota Lyon, Sungai Kapuas pasti lebih menarik lagi dan tak kalah dengan sungai di sana,” kata Andrinof.

Kendati dirinya belum bisa merinci berapa anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan waterfront Sungai Kapuas, namun ia memastikan pemerintah pusat mendukung pembangunan waterfront tersebut. “Pembangunannya dimulai secara bertahap, masterplan atau rancangan awal sudah dimulai dan itu akan dimatangkan dulu. Tahap persiapan yang konsep dulu, baru setelah itu pembangunan fisiknya,” imbuhnya.

Dirinya optimis, kalau daerah ini makin tertata, serta program-program pemerintah kota dan provinsi terus berjalan dalam menata kota, sungainya dipulihkan, tidak ada sampah yang dibuang ke sungai, Kota Pontianak khususnya Sungai Kapuas akan menjadi destinasi wisata internasional.

(Raden AMP/Bio)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini