Sukses

Ini Dia 5 Tips Memasak Sendiri untuk Gaya Hidup Sehat

Siapa bilang memasak makanan sehat itu sulit, ini dia 5 tips memasak makanan sehat sendiri

Liputan6.com, Jakarta Memasak makanan sendiri sering menjadi hal yang sulit bagi sebagian orang. padahal ini merupakan cara termudah untuk memulai gaya hidup sehat. Ada banyak cara untuk mempersingkat waktu memasak anda agar tidak menghabiskan waktu seharian di dapur sehingga anda bisa melakukannya sepulang dari kantor. Jadi dari pada memilih makan malam diluar, Anda dapat mengikuti tips ini agar Anda dapat makan malam dirumah.

ketika anda menyiapkan makanan sendiri, anda membakar kalori dan mengisi nutrisi tubuh secara bersamaan. Hal ini lebih efektif dan mudah dalam menjaga berat badan dibandingkan dengan diet ketat. Apabila kamu ingin mengubah gaya hidup sehatmu, mengurangi berat badan, atau memakan makanan sehat. anda dapat mencoba memasak makanan Anda sendiri.

Dilansir dari Onegreenplanet.org, Minggu (12/4/2015) berikut lima tips untuk memasak sendiri dengan mudah. (Meita/Liz)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Tumislah dengan air dan herbal untuk mengantikan minyak

1. Tumislah Dengan Air Dan Herbal Untuk Mengantikan Minyak

Memasak dengan menggunakan minyak memang sudah biasa dilakukan, tapi hal ini merupakan cara yang buruk karena dapat menyebabkan menaikkan berat badan dan gangguan pada jantung. untuk mengindarinya anda dapat menggantinya dengan menggunakan air.

3 dari 6 halaman

2. Memanggang Makanan

2. Memanggang Makanan

Jika makanan sehat tidak boleh digoreng, jangan khawatir anda masih bisa merasakan rasa yang hampir sama dengan memanggangnya. Hal ini jauh lebih baik dibandingkan dengan menggunakan minyauntuk menggoreng makanan.

4 dari 6 halaman

3. Buatlah Bumbu Sendiri

3. Buatlah Bumbu Sendiri

Jika Anda berpikir menyediakan bumbu untuk membuat saus membutuhkan waktu yang lama, Anda harus berpikir ulang. karena ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja, Anda juga bisa menakar sendiri bumbunya. keuntungannya Anda bisa mengurangi kadar garam, penyedap, tidak menggunakan gula dan minyak sehingga bumbu buatan Anda lebih fresh dan sehat.

5 dari 6 halaman

4. Sediakan Beberapa Jenis Makanan

4. Sediakan Beberapa Jenis Makanan

Jika Anda memasak makanan sehat, ada baiknya anda membuat beberapa jenis makanan untuk menjadi pilihan. Dengan begini Anda akan memiliki nafsu makan yang lebih.

6 dari 6 halaman

5. Buatlah Sesederhana Mungkin

5. Buatlah Sesederhana Mungkin

Cara terbaik untuk memasak sendiri adalah dengan meminimalisir bumbu. bahan makanan sehat seperti sayur, kacang, yogurt, buah-buahan dan lain memiliki rasa yang sudah lezat tanpa harus ditambah dengan banyak bumbu. Buatlah lebih sederhana selain Anda dapat menghemat waktu Anda juga bisa menjaga kesehatan secara bersamaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.