Sukses

4 Kota Ini Merayakan Cap Go Meh dengan Meriah

4 kota ini menggelar pesta meriah dalam perayaan Cap Go Meh.

Liputan6.com, Jakarta Cap Go Meh merupakan puncak perayaan Tahun Baru Imlek yang menjadi tradisi warga Tionghoa. Cap Go Meh ini akan dirayakan di hari ke-15 yang menjadi festival besar dimana terdapat berbagai acara di dalamnya. 

Ternyata, pesta meriah ini tidak hanya dinantikan oleh masyarakat Tionghoa, melainkan semua kalangan dari berbagai suku kini juga menantikan perayaan besar kebudayaan Tionghoa ini. Di Indonesai banyak tempat yang merayakan puncak dari Tahun Baru Imlek ini, dimana sajakah kota-kota tersebut? Berikut ulasannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Singkawang, Kalimantan Barat

1. Singkawang, Kalimantan Barat

Perayaan Cap Go Meh di Kota Singkawang, Kalimantan Barat disebut-sebut menjadi perayaan terbesar di Asia Tenggara. Banyaknya warga Tionghoa di kota ini membuatnya dijuluki sebagai "Kota Seribu Kelenteng". Perayaan Cap Go Meh di kota ini akan dimeriahkan oleh atraksi wanita, pria, dan anak-anak yang berkumpul untuk menjadi media penolakkan roh-roh jahat dan kemalangan sepanjang sisa tahun.

3 dari 5 halaman

Yogyakarta, Jawa Tengah

2. Yogyakarta, Jawa Tengah

Kemeriahan Cap Go Meh di Kota Batik ini akan dimeriahkan dengan karnaval yang akan menampilkan naga raksasa bermotif batik sepanjang 168 meter dan diangkat oleh 250 personil dari Angkatan Udara. Selain itu, seribu peserta akan mengikuti karnaval ini dan mereka akan melintas dari Taman Abu Bakar Ali menuju Titik Nol km. Meriahnya pesta ini akan membuat jalan Maliboro ditutup untuk kendaraan selama lima jam.

4 dari 5 halaman

Medan, Sumatera Utara

3. Medan, Sumatera Utara

Kota Medan juga termasuk ke dalam kota dengan jumlah penduduk kerutunan Tionghoa terbanyak. Perayaan Cap Go Meh di kota ini akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti tarian, nyanyian, senam kasih semesta, penampilan musik, dan drama parodi. Selain itu akan ada beberapa bazar yang juga akan turut memeriahkan perayaan puncak Imlek ini. Ribuan lentera akan menghiasi langit-langit kota Medan yang akan diterbangkan oleh para pengunjung.

5 dari 5 halaman

Bogor, Jawa Barat

4. Bogor, Jawa Barat

Menjelang perayaan Cap Go Meh, akan ada 18 barongsai yang bertarung dan adu ketangkasan. Pertarungan ini diikuti oleh 18 perguruan Barongsai dalam Lomba Barongsai Muspida Cup Kota Bogor. Ratusan lampion menghiasi Jalan Suryakencana, Kota Bogor yang akan digunakan dalam perayaan akbar ini. Selain itu, kemeriahan Pesta Rakyat Street Festival Cap Go Meh 2015 dipastikan akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.