Sukses

Cara Membuat Rumah Menjadi Ramah Lingkungan dan Hemat Energi

Beberapa cara ini dapat membuat rumah menjadi ramah lingkungan dan menjaga bumi dari pemanasan global.

Liputan6.com, Jakarta Pemanasan global merupakan masalah yang sangat umum di bumi ini. Semakin meningkatnya pemanasan global, dapat menyebabkan kerusakan yang cukup berarti bagi alam ini. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh setiap manusia untuk membantu menyelamatkan bumi dari kehancuran.

Seperti yang dilansir dari Homedit, Minggu (8/2/2015), melakukan penyelamatan pada bumi dapat dimulai dari hal kecil termasuk di dalam rumah. Berikut beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan di rumah Anda untuk membantu menyelamatkan bumi.



1. Ganti bola lampu dengan CFL
CFL (Compact Fluorescent Lamp) atau yang lebih dikenal dengan lampu neon, dapat menjadi salah satu cara untuk menghemat energi. CFL ini dapat menyimpan lebih banyak energi dibandingkan dengan bola lampu biasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rumah Menjadi Ramah Lingkungan

2. Menghemat air
Kebutuhan menggunakan air memang cukup tinggi setiap harinya. Namun, Anda perlu menghemat air dengan cara tidak membiarkan keran air terus menyala saat sedang menyikat gigi atau mencuci piring.



3. Gunakan Bambu
Anda bisa menggunakan bambu sebagai lantai rumah, karena bambu dapat tumbuh dengan cepat sehingga memanfaatkannya menjadi furnitur rumah akan lebih ramah lingkungan.

4. Biarkan Sinar Matahari Memasukin Ruangan
Cobalah untuk membuka tirai di siang hari agar sinar matahari dapat memasuki ruangan secara bebas. Jadi, Anda tidak perlu menyalakan lampu ruangan untuk menjadi lebih terang.

3 dari 4 halaman

Rumah Menjadi Ramah Lingkungan

5. Sembunyikan Kulkas
Jangan menyimpan kulkas di tempat yang terjangkau oleh sinar matahari, karena hal ini akan membuat kulkas membutuhkan lebih banyak energi untuk tetap dingin.

6. Mencuci Pakaian dengan Air Dingin
Cucilah pakaian dengan air dingin jangan sampai Anda menggunakan banyak energi untuk memasak air panas.

7. Pisahkan Sampah
Pisahkan sampah organik dan anorganik sehingga rumah Anda tidak membuang sampah terlalu banyak dan bisa mendaur ulang sampah tersebut.

4 dari 4 halaman

Rumah Menjadi Ramah Lingkungan

8. Tanaman Asli
Gunakanlah tanaman asli di halaman rumah Anda. Jangan menggunakan tanaman palsu karena tidak akan bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya.

9. Gunakan Pembersih Alami
Cobalah untuk membuat pembersih alami sendiri seperti cuka yang dapat digunakan untuk membersihkan lantai, peralatan masak, wastafel, dan kamar mandi. Pilihan lainnya gunakanlah lemon atau baking soda. (Mut/Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.