Sukses

Wisata Bangkai Kapal, Minat?

Beberapa bangkai kapal di dunia dijadikan tempat wisata, bahkan landmark sebuah pulau.

Liputan6.com, Amorgos Saat ini, ada sekitar 3 juta bangkai kapal di seluruh perairan dunia, beberapa di antaranya diperkirakan berusia ribuan tahun. Sebagian besar bangkai kapal yang memiliki nilai historis pun dilindungi oleh UNESCO sebagai warisan budaya.

Di antara jutaan bangkai kapal tersebut, banyak yang tidak tenggelam sepenuhnya sehingga badan kapal masih terlihat dengan jelas. Biasanya, bangkai kapal yang masih terlihat ini berada di dekat garis pantai.

Beberapa dari bangkai kapal yang terlihat tersebut berubah menjadi tempat wisata karena menawarkan pemandangan yang eksotis, meskipun terkadang terlihat menakutkan.

Melansir dari amusingplanet.com, berikut adalah beberapa bangkai kapal yang dijadikan tempat wisata:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Olympia

Olympia

Olympia adalah sebuah kapal komersial yang kabarnya di arahkan ke darat dekat kota Katapola, pulau Amorgos, Yunani oleh para bajak laut tahun 1979. Kapal ini pernah coba ditarik, tetapi gagal dan akhirnya ditinggalkan saja. Olympia akhirnya menjadi salah satu landmark pulau Amorgos.

3 dari 6 halaman

Santa Maria

Santa Maria

Santa Maria adalah sebuah kapal barang yang membawa barang-barang mewah pemberian pemerintah Spanyol di bawah Francisco Franco. Tahun 1968, kapal tersebut melewati pulau Cape Verde dalam perjalanan ke Brazil dan Argentina. Di salah satu titik, kapal ini kandas. Semua barang berhasil diselamatkan, tetapi kapalnya sendiri dibiarkan begitu saja dan akhirnya menjadi simbol pulau Cape Verde.

4 dari 6 halaman

Dimitrios

Dimitrios

Kapal kargo ini telah terdampar di pantai Valtaki di prefektur Laconia, Yunani, sejak Desember 1981. Ada beberapa versi tentang kapal ini. Ada yang mengatakan bahwa kapal ini membawa barang selundupan dan akhirnya ketahuan oleh otoritas Yunani. Ada pula yang mengatakan bahwa kapal ini sengaja merapat secara darurat karena kapten kapal menderita penyakit serius dan akhirnya mengalami masalah keuangan sehingga tidak bisa lagi melaut.

5 dari 6 halaman

SS America

SS America

SS America adalah kapal pesiar yang dibangun tahun 1940. Pada tahun 1990-an, kapal ini terkena badai yang mengakibatkan beberapa bagiannya rusak parah dan akhirnya kandas di lepas pantai barat Fuerteventura di Kepulauan Canary, Spanyol. Tahun 2007, kapal tenggelam ke dasar laut dan hanya akan terlihat ketika air laut surut.

6 dari 6 halaman

Mediterania Sky

Mediterania Sky

Mediterania Sky melakukan pelayaran terakhirnya pada bulan Agustus 1996 sebelum akhirnya diberhentikan saat mencapai Patras Yunani karena keuangan perusahaan yang memburuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini