Saat Rujak Cingur Khas Jawa TImur Hadir di Yogyakarta

Oleh Yanuar H pada 23 Jan 2015, 11:35 WIB

Liputan6.com, Yogyakarta- Soto Jawa Timur, rawon, ayam kampung goreng sampai rujak cingur selain dapat dijumpai di daerah asalnya yaitu Jawa Timur, ternyata juga bisa ditemui di daerah lain yaitu Yogyakarta tepatnya di Warung Soto Surabaya  di Jalan Kaliurang KM 6 Yogyakarta.

Salah satu pelanggan rumah makan tersebut, Dewa dari Kediri mengaku sering menikmati menu Rujak cingur. Rujak cingur menjadi pilihan utamanya ketika datang ke warung ini. Ia pun mengaku rujak cingur yang ada di Jalan Kaliurang Yogyakarta rasanya khas sama seperti dengan rujak cingur yang dijajakan di daerah Jatim.

Ia pun mengaku belum menemukan warung yang menjual menu Rujak cingur khas Jatim di Jogja selain di Jalan Kaliurang. "Sering ke sini biasanya memesan rujak cingur. Soalnya rasa sama yang ada di Jatim. Ngobatin kangen aja," ujar Dewa Rabu (21/1/2015).

Dewa mengatakan selain rasanya yang mantap harga menunya juga terhitung murah. Dalam menu rujak cingur khas Jalan Kaliurang teridiri dari Kacang panjang, kangkung, tauge, cingur, mentimun, tempe, tahu nasi kupat nanas ditambah bumbu sambel kacang plus petis.

"Saya belum nemuin di Jogya yang enaknya seperti di Jatim. Rasanya enak dan harganya terjangkau. Kalo di Jatim sana antara Rp 6 ribu sampai Rp 15 ribu. Kalo di sini Rp 11 ribu. Harga segitu dengan rasa yang ditawarkan cukup murah kayak slogannya itu lho," ujarnya.

Sementra itu karyawan Soto Surabaya Yudi mengatakan dari harga menu yang ditawarkan cukup terjangkau mulai dari soto seharga Rp 6 ribu sampai rujak cingur spesial seharga Rp 18 ribu. Warung dengan slogan uenak cukk ini buka dari
Jam 8 pagi sampai jam 9 malam. "Kita buka dari jam 8 pagi. Jam setengah delapan sudah siap biasanya," ujarnya. (Fathi Mahmud/Ars)