Sukses

5 Batu Cantik dan Populer di Dunia

Berikut ini adalah 5 jenis batu yang cantik dan populer di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai bagian dari alam, manusia seperti makhluk hidup - makhluk hidup lain memanfaatkan apa yang tersedia di alam. Mulai dari kebutuhan primer seperti makan dan minum hingga keinginan untuk mempercantik diri, manusia mengolah sumber daya alam di sekitarnya.

Untuk mempercantik diri manusia memproduksi benda-benda alam untuk dimakan atau diminum, dibalurkan ke tubuh, atau juga sekadar untuk dikenakan. Selain pakaian, hal lain yang dikenakan oleh manusia untuk membuat dirinya terlihat indah adalah batu-batu yang dibuat jadi perhiasan.

Seiring dengan berkembangnya kebudayaan yang membentuk nilai-nilai sosial, batu-batu aksesoris itu mendapat fungsi-fungsi lainnya, misalnya simbol wibawa dan kekuasaan. Agar dapat menjadi aksesoris yang lazim dikenakan manusia, batu-batu itu dibentuk terlebih dahulu.

Harga jual dari batu-batu kristal itu bergantung pada beberapa hal, seperti kelangkaan, kejernihan, dan lain sebagainya. Ada berbagai jenis batu yang ada di dunia. Di antaranya adalah batu akik, batu kecubung atau amethyst, batu zamrud arau emerald, batu giok atau nephrite jade, dan batu intan atau diamond.

Selain batu-batu itu, masih ada jenis-jenis batu lain yang tak kalah cantik. Berikut ini adalah 5 batu cantik di dunia, seperti dirangkum Selasa (23/9/2014)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Topaz

Topaz

Topaz (topas) hadir dalam berbagai warna, seperti Topaz Oranye, Topaz Biru, Topaz Kuning, dan yang sangat ajarang adalah Topaz Pink. Namun Topaz yang benar-benar murni justru adalah Topaz yang bening tanpa warna. Batu Topaz dapat ditemukan di Afganistan, Srilanka, Meksiko, Amerika, dan lain sebagainya.

3 dari 6 halaman

Turquoise

Turquoise

Batu Turquoise (turkuaz)memiliki warna biru atau hijau yang cantik. Nama `Turqoise` berasal dari bahasa Prancis yang berarti `Turkish`. Dinamakan seperti itu karena batu ini pertama kali dibawa ke Eropa dari Turki. Batu ini sudah sejak lama digunakan dalam berbagai peradaban untuk mendandani para pembesar. Beberapa peradaban itu adalah peradaban Mesir kuno, peradaban Persia, dan meso-Amerika.

4 dari 6 halaman

Sapphire

Sapphire

Batu cantik ini umumnya memiliki warna biru yang dalam. Varian lain dari Sapphire (safir) adalah yang tak berwarna, semu abu-abu atau hitam, kuning, hijau, dan lainnya. Varian lain yang memiliki motif seperti bintang di badan batu disebut dengan Star Sapphire. Beberapa jenis Sapphire juga dapat tampak berubah warna bila terkena cahaya. Jumlah Sapphire yang cukup banyak bisa ditemukan di Thailand, Srilanka, Tiongkok, Madagaskar, dan lain sebagainya.

5 dari 6 halaman

Ruby

Ruby

Dengan warna merah dalam, batu Ruby (rubi) masih satu keluarga dengan batu Saphhire (safir). Nama `Ruby` diambil dari bahasa latin `Ruber` yang berarti `Merah`. Tingkatan warna merah dari batu Ruby merupakan salah satu faktor dominan dalam menentukan harganya. Ruby yang dinilai memiliki warna merah sangat jelas disebut dengan Blood-red. Myanmar adalah negara yang sejak dulu dikenal sebagai sumber utama batu ini.

6 dari 6 halaman

Meteorite

Meteorite

Batu yang satu ini menjadi spesial karena asalnya yang tidak dari Bumi, melainkan dari outerspace (luar angkasa). Meteorite atau batu meteor adalah bagian dari asteroid atau komet yang berhasil bertahan melewati atmosfer bumi. Ukuran batu meteor ini bervariasi dari yang kecil hingga besar. Sebagian orang menganggap batu ini punya kekuatan supra-natural.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini